Lingkar Banyumas

Songsong Hari Jadi Banyumas, Ibu-ibu Berkebaya Ikuti Lomba Gobag Sodor

Sabtu, 4 Februari 2023 15.22

Songsong Hari Jadi Banyumas, Ibu-ibu Berkebaya Ikuti Lomba Gobag Sodor

Suara Purwokerto - Dalam rangka menyongsong peringatan Hari Jadi ke 452 Kabupaten Banyumas, sekaligus untuk nguri-uri permainan tradisional, Ibu-Ibu PKK Eks Kawedanan Ajibarang mengikuti lomba Gobag Sodor, Sabtu 4 Februari 2023 di halaman SD Negeri Ajibarang Wetan. Dengan kostum kebaya ibu-ibu PKK se- Eks Kawedanan Ajibarang antusias ikuti Lomba Permainan Gobag Sodor yang digelar oleh Pemerintah Kecamatan bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas.
Camat Ajibarang, Parsono, S.Sos., M.Si. mengatakan bahwa, dengan digelarnya lomba Gobag Sodor akan kembali mengenalkan kepada generasi permainan tradisional yang ada. Menurutnya kegiatan tersebut sebagai upaya melestarijan permainan tradisional.
"Para peserta sangat antusias mereka seakan bernostalgia dengan permainan gobak sodor yang mereka mainkan waktu kecil. Ini bagian dari kita nguri-uri permainan tradisional kita," tutur Parsono. 
Ketua Pokja 3 l Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas Upi Yunianto saat memberikan sambutan, menyampaikan manfaat permainan Gobag Sodor. Menurutnya manfaat dari permainan Gobag Sodor yakni sebagai sarana menjaga kesehatan dan sarana silaturahmi. Selain itu, menurut Upi ada manfaat lain dari permainan Gobag Sodor, yakni melatih kepemimpinan, kecerdasan, ketangkasan, kekompakan, kesabaran dan kejujuran. 
"Lomba gobag sodor sangat-sangat bermanfaat bagi kita semua. Manfaat sehat, manfaat silaturahmi. Dari gobag sodor bisa diambil hikmahnya, yakni melatih kita dalam kepemimpinan, kecerdasan, ketangkasan, kekompakan, kesabaran dan juga melatih kita kejujuran," ungkap Upi.
Ia juga menambahkan, hadiah dari lomba Gobag Sodor disediakan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas, Ny Erna Husein. Itu menurutnya sebagai bentuk apresiasi kepada ibu-ibu PKK se- Eks Kawedanan Ajibarang yang telah berpartisipasi Nguri-uri Permainan Tradisional Gobag Sodor.
"Hadiah kegiatan ini dari Ibu Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Banyumas, Ibu Erna Husein. Ini apresiasi dari Ibu Erna Husein untuk ibu-ibu semua," tambah Upi
Sebelum mengikuti lomba, para peserta melakukan senam bersama.

Penulis: Yusep Kurniawan

Editor: Parsito Tommy

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX