Lingkar Banyumas

Khitan Massal Sentra Satria Baturaden Diikuti 26 Anak

Kamis, 2 Februari 2023 18.52

Kepala Sentra Satria Baturaden Darmanto menyerahkan bingkisan untuk peserta khitan

Suara Purwokerto - Sebanyak 26 anak dari berbagai usia di Kabupaten Banyumas mengikuti khitan missal yang dilaksanakan di Sentra Satria Baturaden. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai rangkaian peringatan HUT Sentra Satria yang ke-47, Kamis 2 Februari 2023.
Kepala Sentra Satria Baturaden Darmanto menyebut pihaknya melaksanakan sejumlah kegiatan sosial guna memperingati hari jadi Sentra Satria yang ke-47. Sebelumnya telah dilaksanakan donor darah. Untuk puncak peringatan ini digelar khitan massal dan penyerahan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) kepada puluhan difabel. Bantuan yang diberikan antara lain 1 unit kendaraan roda tiga, 8 kursi roda, 13 walker, 20 tripod, dan 5 tongkat penuntun adaptif bagi tunanetra. Total bantuan yang diberikan senilai lebih dari Rp 70 juta.
“Kemarin ada donor darah, hari ini ada khitan massal dan pemberian bantuan bagi difabel. Penerima manfaat ada yang meminta dan ada yang dari assesment,” katanya.
Sementara itu Anggota Komisi VIII DPR RI Wastam mengatakan kegiatan dilaksanakan untuk membantu masyarakat yang hendak mengkhitankan anaknya namun terkendala masalah biaya.
“Khitan massal ini untuk membantu masyarakat yang mungkin kurang mampu atau bagi yang mampu tapi sedang tidak tidak ada biaya bisa ikut kegiatan ini,” katanya.
Menurutnya Khitan tersebut sepenuhnya gratis, tidak ada biaya apapun yang dikeluarkan para peserta. 
Dari pantauan terlihat berbagai ekspresi ditunjukkan anak yang dikhitan, mulai dari tegang, histeris ketakutan, bahkan ada yang cuek sambil bermain game.
Wastam bahkan ikut membantu menenangkan salah seorang anak yang histeris ketakutan dan berteriak-teriak saat hendak dikhitan.
Dia menyebut pihaknya sudah terbiasa melakukan kegiatan khitan massal. Khusus kali ini pihaknya bekerjasama dengan Sentra Satria Baturaden dan kedepan sinergi bersama untuk membantu masyarakat akan terus digalakkan.
“Kami sudah biasa melakukan kegiatan ini, kebetulan Sentra Satria juga melaksanakan kegiatan serupa jadi kami dukung penuh,” pungkasnya.

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andi Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX