Lingkar Banyumas

Tekan Inflasi, Bupati Husein Pantau Operasi Pasar Beras

Sabtu, 28 Januari 2023 17.18

Tekan Inflasi, Bupati Husein Pantau Operasi Pasar Beras

Suara Purwokerto - Dalam rangka menstabilkan harga, Bupati Banyumas Ir Achmad Husein bersama Dinperindag, Bank Indonesia serta Bulog melaksanakan operasi pasar beras, Sabtu 28 Januari 2023. Operasi pasar ini dilakukan pada 3 titik,  Pasar Manis, Pasar Wage dan Pasar Sokaraja.
Bupati Husein menjelaskan adanya operasi pasar beras ini merupakan tindak lanjut dalam upaya pengendalian inflasi yang dalam pemantauan harga beras melonjak sangat tinggi dari bulan lalu.
"Musim paceklik di Banyumas ini berakhir pada akhir Februari atau awal Maret oleh sebab itu pemerintah harus turun tangan dan mengendalikannya," ucapnya.
Ia menjelaskan pengendalian harga beras ini sudah dilakukan dengan memberikan subsidi trasportasi pada beras Ir premium dan  pengawasan pada beras bulog.
"Harga beras bulog medium di harga Rp 9.000, bulog premium Rp 12.000 dan IR premium Rp 11.500. Jika nanti ditemukan harga di atas yang sudah ditentukan maka akan dikenakan peringatan 1,2,3 dan terakhir adalah pencabutan izin," jelasnya.
Ia menambahkan, operasi pasar beras nantinya juga akan dilakukan menyeluruh ke desa dan kecamatan.

Penulis: Ni Pembayun Wulansari

Editor: Andi Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX