Lingkar Banyumas

DKC Banyumas Bentuk Unit Protokol

Rabu, 25 Januari 2023 21.21

DKC Banyumas Bentuk Unit Protokol

Suara Purwokerto - Dewan Kerja Cabang (DKC) Gerakan Pramuka Banyumas memiliki Unit Baru yaitu Unit Protokol. Meski selama ini telah membantu kegiatan keprotokolan namun masih bersifat temporer belum berbentuk lembaga.
Untuk menjadi anggota Unit Protokol sebanyak 25 anggota Pasukan Tunas Muda (PTM) Tahun 2022 mengikuti seleksi yang di gelar Minggu-Senin 22-23 Januari 2023 di sanggar baktinya yang berada di Jl Suharso Purwokerto. Pada seleksi ini para peserta mengikuti kegiatan pelatihan peningkatan kemampuan.
"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan khususnya dalam bidang keprotokolan, kehumasan publik speaking dan tata upacara bagi anggota Pasukan Tunas Muda Banyumas yang akan menjadi anggota Unit Protokol Kwarcab Banyumas," kata Qurratu'Aini Fiky Alshifa Anggota Bidang Kegiatan DKC Banyumas 
Pada kegiatan ini menghadirkan pemateri "Keprotokolan" yang di isi oleh Ajudan Bupati Banyumas Tomi Luqman Hakim purna PTM Tahun 2012. Menurutnya materi keprotokolan disampaikan untuk memahami karakter pemimpin dan cara menanggapinya juga tata cara upacara dan tata letak petugas, undangan dan peserta. 
"Sementara materi Humas dan Jurnalustik disampaikan oleh Pranata Humas Ahli Muda Setda Kabupaten Banyumas yang juga Sekretaris Bidang Humas Kak Parsito," tambahnya
Peserta juga mendapatkan materi tentang publik speaking yang di isi oleh Kak Aini dilanjutkab materi tentang tata upacara dan sekaligus seleksi keprotokolan yang disampaikan oleh Kak Diana Dwi Putra, Purna Ketua DKC Banyumas.
"Unit Protokol angkatan pertama terpilih  14 anggota yang terdiri dari 10 putra dan 4 putri," pungkas Shifa
Dengan terbentuknya Unit Protokol Kwarcab Banyumas ini melengkapi unit yang sudah ada sebelumnya, yaitu Unit Pasukan Tunas Muda (PTM), Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka) dan Unit Jurnalistik.

Penulis: Galih Tri Nugroho Adi Pamungkas

Editor: Parsito Tommy

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX