Lingkar Banyumas

Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Kini Dapat Terpantau

Rabu, 25 Januari 2023 02:21 WIB

Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Kini Dapat Terpantau

Suara Purwokerto - Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono didampingi wakil ketua tim penggerak TP PKK dan bunda UMKM Banyumas hadiri peresmian running teks 13 titik pasar dan publikasi aplikasi Sigaokmas (Sistem Informasi Harga Pokok Banyumas) di Pasar Manis pada 24 Januari 2023.
Dalam laporannya Kepala Dinperindag Banyumas Titik Puji Astuti menjelaskan adanya aplikasi Sigaokmas yang bekerjasama dengan Dinkominfo ini merupakan salah satu upaya pemerintah memberikan perlindungan kepada konsumen dalam berbelanja, memberikan informasi harga secara reel time serta sebagai alat pendeteksi dini untuk pemerintah dalam membuat kebijakan bilaman terjafi fluktuasi harga di pasar rakyat.
"Sementara untuk running text sudah terpasang di Pasar Banyumas, Sokaraja, Manis, Larangan, Kemukusan, Jatilawang, Sangkalputung, Tambak, Pahing, Ajibarang, Wage, Pon dan Pasar Proliman," jelasnya.
Sementata itu, Sadewo merasa senang dengan adanya running text di 13 titik pasar karena dapat membantu menyajikan data yang membantu masyarakat dalam memperoleh harga terbaru komuditas yang dibutuhkan.
"Tapi di dalamnya, tidak terpatok dari harga yang tertera di running text. Jadi tetap ada proses tawar menawar seperti pasar tradisional pada umumnya," ucapnya.

Penulis: Ni Pembayun Wulansari

Editor: Andy Ist Mer

Copyright ©2023 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.22.1 | Build ID: VP_LxODfZ1kWeIuyl0vtA