Lingkar Banyumas

Implementasikan P5, Siswa SDN Pandansari Belajar Dunia Wirausaha

Selasa, 24 Januari 2023 15.28

Implementasikan P5, Siswa SDN Pandansari Belajar Dunia Wirausaha

Suara Purwokerto - Siswa kelas IV SD Negeri Pandansari implementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan kegiatan market day. Menurut keterangan guru kelas IV, Tri Widya Wisnu Wardani, S.Pd., kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa, (24/01/2023) tersebut bertujuan untuk mengenalkan dunia kewirausahaan kepada para siswa. Ia juga menyampaikan bahwa anak-anak merasa senang, karena barang yang diproduksinya bisa laku terjual. 
"Tujuan dari kegiatan ini yakni untuk mengenalkan dunia kewirausahaan kepada anak didik saya. Anak-anak senang, barang dagangannya semua laku terjual," tutur Tri Widya.
Tri Widya menambahkan, bahwa dari laporan para siswa, ada yang mengalami keuntungan penjualan cukup lumayan, ada juga yang mengalami sedikit kerugian. Menurutnya itu menjadi pembelajaran bermakna, anak-anak memperoleh wawasan dalam berwirausaha.
"Setelah kegiatan market day usai, anak-anak melaporkan hasil penjualannya. Ada yang untung, ada pula yang rugi. Tapi tidak mengapa bagi yang rugi, meski sedikit kecewa, namun itu menjadi pembelajaran dalam berwirausaha. Seorang wirausahawan harus memperhitungkan dengan matang usahanya," ungkap Tri Wdya.
Kepala SDN Pandansari, Yusep Kurniawan sangat mengapresiasi para siswa dan juga para guru yang telah mengimplementasikan P5 melalui kegiatan mareket day. Menurutnya itu sangat bermakna dan akan membekas baik dalam kehidupan para siswa, pengalaman belajar berwirausaha tersebut mjadi bekal untuknya kelak ketika dewasa. 
"Senang rasanya melihat keceriaan anak didik dalam kegiatan market day. Saya bangga dengan kreativitas para siswa dan guru-guru SDN Pandansari. Anak tentu akan selalu mengingat makna belajar hari ini. Tentu juga akan menjadi bekal mereka ketika berwirausaha kelak," ungkap Yusep.

Penulis: Ardani Kurniawan

Editor: Parsito Tommy

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX