Lingkar Banyumas

PAC Pemuda Pancasila Banyumas Gelar Orientasi Anggota Baru

Senin, 23 Januari 2023 23:00 WIB

PAC Pemuda Pancasila Banyumas Gelar Orientasi Anggota Baru

Suara Purwokerto - PAC Pemuda Pancasila (PP) Kecamatan Banyumas gelar orientasi anggota baru. Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Dawuhan Kecamatan Banyumas, Banyumas, Jawa Tengah berlangsung pada Minggu, 22 Januari 2023 pukul 08.00 – 22.00 WIB. 
Ketua PAC PP Banyumas Bung Manto menginformasikan bahwa kegiatan orientasi dihadiri oleh jajaran pengurus MPC PP kabupaten Banyumas diantaranya: 1) Ketua, Yudo F Sudiro, S.H.,M.H., 2) Wakil Ketua I, Edi Sarwono, 3) Wakil Ketua II, Drs. Joko Wiyono, M.Si., 4) Wakil Ketua III, dr. Tangguh, serta 5) Sekretaris, Ruminto Adi Legowo. Disamping unsur internal, menurutnya hadir juga narasumber dari jajaran Forkompincam Banyumas serta Kepala Rutan Banyumas, Agung Nurbani, A.Md.I.P., S.H., dan bung Aji, selaku Askot 3 MPW Jawa Tengah.
“Jajaran pengurus MPC Banyumas yang hadir yakni ketua (bung Iteng), wakil ketua I (bung Edy), wakil ketua dua (bung Jack), wakil ketua III (bung Tangguh). Kegiatan ini dihadiri juga oleh jajaran Forkompincam Banyumas, pak Camat, pak Kapolsek dan pak Danramil,” ungkap bung Ben.
Bung Manto, menambahkan, bahwa tujuan dari kegiatan orientasi anggota baru adalah untuk memperkenalkan sejarah Pemuda Pancasila, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD-ART) Pemuda Pancasila, Semboyan-Semoboyan, Pengenalan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), serta Kepolisian dan Lalulintas (Lantas).
“Tujuan dari kegiatan ini adalah mengenalkan Pemuda Pancasila seperti sejarahnya, AD-ART, Semboyan-semboyan, pengenalan Kamtibmas, dan juga pengenalan kepolisian serta lantas,” imbuhnya.
Camat Banyumas, Oka Yudhistira Pranayudha, S.S.T.P., M.Si. yang hadir menyampaikan materi UMKM dan peran serta Pemuda Pancasila bagi masyarakat sangat terkesan atas keaktifan kader Pemuda Pancasila pada progam Donor Darah di setiap acara. Menurutnya kader Pemuda Pancasila sudah telah secara nyata mengimplementasi penerapan sila kedua, yakni kemanusiaan yang adil dan beradab.
“Yang paling saya ingat adalah keaktifan para kader Pemuda Pancasila Banyumas dalam setiap program donor darah. Aksi nyata benar-benar telah diimplementasikan sebagai bentuk implementasi penerapan sila kedua, kemanusiaan yang adil dan beradab,” tutur Oka Yudistira. 
Kepala Rutan Banyumas, Agung Nurbani, A.Md.I.P., S.H., yang juga hadir sebagai narasumber menyampaikan 2 (dua) materi yakni: 1) Bahaya teroris dan penyebabnya, 2) Peran Pemuda Pancasila dalam mencegah bahaya terorisme. Menurutnya Pemuda Pancasila harus memahami langkah strategis dilakukan agar masyarakat di sekitar kiita tidak terjerumus dengan ideologi terorisme.
“Dua materi penting yang akan saya sampaikan yakni bahaya terorisme dan penyebabnya serta Peran Pemuda Pancasila dalam mencegah bahaya terorisme. Teman-teman Pemuda Pancasila harus memahmi Langkah strategis jauhkan masyarakat di sekitar kita dari ideologi terorisme,” ungkap Agung.
Yudo F Sudiro (bung Iteng) ketua MPC Pemuda Pancasila Banyumas dalam sesi pentupan berpesan agar para kader Pemuda Pancasila yang telah ikuti orientasi untuk semakin mencintai Ormas Pemuda Pancasila. Anggota Pemuda Pancasila menurutnya harus bisa menjadi contoh dan bermanfaat bagi masyarakat. 
“Saya harap para peserta setelah ikuti kegiatan ini untuk semakin mencintai Ormas Pemuda Pancasila. Kita semua harus menjadi contoh yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat di sekitar kita. Kata bung Iteng.
Bung Iteng juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada ketua Badan Kesehatan dan Penanggulangan Bencana (BKPB) MPC PP Banyumas, dr. Tangguh (bung Tangguh) yang telah menyiapkan berbagai perlengkapan medis, ambulan, tenaga dokter dan juga perawat pada kegiatan orientasi di PAC Banyumas. Apresiasi juga bung Iteng sampaikan kepada ketia PAC Banyumas, Bung Manto atas suksesnya pelaksanaan orientasi.
“Terima kasih yang tak terhingga saya sampaikan kepada bung Tangguh selaku ketua BKPB MPC PP banyumas yang telah menyiapkan tenaga medis, peralatan medis, dan ambulan. Terima kasih juga kepada bung Manto, ketua PAC Banyumas yang telah sukses selenggarakan kegiatan ini,” ungkap bung Iteng.
Ketua Panitia, bung Herman Susilo menuturkan bahwa kegiatan orientasi diikuti oleh 101 peserta. Kesemua peserta menurutnya berasal dari berbagai kecamatan di kabupaten Banyumas, seperti kecamatan Banyumas, Somagede, Kemranjen, Sumpiuh, Sokaraja, Utara, Kembaran, Ajibarang dan ada juga yang berasal dari kabupaten Brebes.
“Kegiatan ini dihadiri oleh 101 peserta dari berbagai wilayah di kabupaten Banyumas, bahkan ada yang dari kabupaten Brebes, tutur bung Herman.
Bung Herman juga berharap bahwa setiap ada keanggotaan baru untuk diadakan orientasi dan pelatihan berjenjang di PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Banyumas.
“Saya harap setiap ada perkembangan dari keanggotaan selalu diadakan pelatihan berjenjang di PAC Pemuda Pancasila kecamatan Banyumas. 

Penulis: Yusep Kurniawan

Editor: Andy Ist Mer

Copyright ©2023 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.22.1 | Build ID: VP_LxODfZ1kWeIuyl0vtA