Lingkar Banyumas

Penggalang SMP Negeri 3 Kalibagor Ikuti Ujian Kecakapan Memasak

Minggu, 22 Januari 2023 20:06 WIB

Penggalang SMP Negeri 3 Kalibagor Ikuti Ujian Kecakapan Memasak

Suara Purwokerto - Sebanyak 74 pramuka peggalang dari Pangkalan SMP Negeri 3 Kalibagor Kwarcab Banyumas mengikuti ujian kecakapan khusus memasak, Minggu 22 Januari 2023 sekitar pangkalan setempat. Ujian syarat kecakapan khusus (SKK) yang diikuti yaitu SKK memasak madya dan SKK penataan meja makan purwa.
Hadir dalam ujian SKK ini Kepala Sekolah selaku Ketua Mabigus Anton M.Pd., M.Hum dan para pembina sebagai penguji antara lain Kak Daryanto, kak Supriyanto, kak Triani, kak Juli S dan kak Siswati serta para pembantu pembina satuan, kak Partono, kak Atiq dan kak Rina.
Ketua Mabigus Kak Anton  turut memotivasi dab sangat mendukung acara ujian SKK yang dilakukan secara berkala tersebut.
"Terima kasih kepada kakak kakak pembina dan pendamping yang sudah merencakan ujian SKK, karena adik adik bisa belajar merencakan kecakapab yang akan diujikan untuj pencapaian TKK, setiap 2 minggu sekali," katanya.
Salah satu Pembina Kak Triani mengatakan uji SKK dilakukan sebagai upaya pencapaian Pramuka Garuda. Bagi pramuka penggalang yang ingin di uji tim penilai secara kontinu siap mengadakan ujian pencapaian TKK.
"Kali ini pangkalan SMP Negeri 3 Kalibagor melaksanakan ujian pencapaian TKK memasak madya dan pangaturan meja makan purwa, dengan jumlah peserta 74 pramuka penggalang yang dibagi menjadi 10 regu," katanya. 
Para peserta sebelumnya dibekali ketrampilan memasak dan penataan meja makan. Pada saat ujian anak didik belajar memasak dimulai dari memasak dan penyajian.
"Andik bersemangat dan antusias mengikuti kegiatan ini dengan menu makan siang. Kegiatan  Pencapaian TKK memasak dan pangaturan meja makan dimulai pukul. 08.00 s.d 13.15 WIB mukai dari persiapan tempat penyajian dan tempat memasak dilanjutkan persiapan perlengkapan memasak, terutama pemasangan gas. Setelah siap semua andik dikumpulkan untuk ceking, menegaskan teknis dan tata tertib yang sudah disepakati " jelas Kak Triani 
Selama kegiatan selalu dikondisikan tentang waktu dan tata tertib dengan mengumpulkan pinru. Usai kegiatan para pembina memberikan koreksi, motivasi dan apresiasi positif

Penulis: Rusdianto

Editor: Parsito Tommy

Copyright ©2023 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.22.1 | Build ID: VP_LxODfZ1kWeIuyl0vtA