Lingkar Banyumas

2000 Penderes Terima Bantuan Asuransi Ketenagakerjaan Dari Baznas Banyumas

Selasa, 17 Januari 2023 19:21 WIB

2000 Penderes Terima Bantuan Asuransi Ketenagakerjaan Dari Baznas Banyumas

Suara Purwokerto - Peringati hari ulang tahunya ke – 22 Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Banyumas memberikan jaminan kerja kepada 2000 penderes yang ada di Kabupaten Banyumas Selasa (17/1/2023) siang. Penyerahan secara  simbolis diberikan oleh Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono kepada perwakilan penderes di Rumah Makan Pereng Cilongok.
Ketua Baznas Kabupaten Banyumas, Khasanatul Mufidah mengatakan 2000 penderes ini merupakan bagian dari ribuan penderes di Banyumas, yang belum mendapatkan jaminan kerja dari BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga Baznas Banyumas membayarkan premi asuransi kepada BPJS Ketenagakerajan, bagi 2000 penderes.
Hal tersebut dilakukan mengingat angka kecelakaan penderes Banyumas tinggi, juga para penderes rata- rata berasal dari kelompok orang yang tidak mampu sehingga termasuk penerima zakat.
Khasanatul menambahkan pihaknya pada tahun 2024, akan menambah penderes yang akan mendapatkan jaminan dari BPJS Ketengakerjaan. Sehingga semakin banyak penderes yang tercover kecelakaan kerja, maupun jaminan lainya dari BPJS Ketenagakerjaan.
“Kami memberikan jaminan asuransi ketenagakerjaan kepada 2000 penderes, selain itu kami berikan alat penyelamat bagi penderes, sembako. Ini bagian dari HUT Baznas yang hari ini ke 22,” lanjutnya.
Warim, salah satu penderes asal Desa Jingkang Kecamatan Ajibarang yang menerima bantuan dari Baznas mengaku sangat senang, dirinya mendapatkan bantuan dari Baznas sehingga lebih nyaman dalam bekerja. Jika mengalami kecelakaan dan lainya, tidak memikirkan biaya.
Selain itu sudah lama Warim, ingin mendapatkan asuransi dari BPJS Ketenagakerjaan, Untuk itu dirinya mengucapkan terimakasih kepada muzakki atau orang yang membayar zakat kepada Baznas Banyumas. Sehingga dirinya mendapatkan bantuan asuransi ketenagakerjaan.
“Saya mengucapkan terimakasih kepada orang yang telah membayar zakat kepada Baznas, sehingga kami mendapatkan bantuan dari Baznas. Jadi saya lebih tenang, walaupun berharap kerja tidak terjadi apa-apa,” kata Warim.
Pada kesempatan ini Baznas Banyumas juga memberikan alat pengaman bagi penderes, paket makanan bagi penderes. Selain itu Baznas Banyumas dan BPJS Ketenagakerjaan memberikan klaim asuransi yang bernilai ratusan juta rupiah bagi tiga orang ahli waris penderes, yang terjatuh dari pohon kelapa dan meninggal dunia

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andi Ismer

Copyright ©2023 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.22.1 | Build ID: VP_LxODfZ1kWeIuyl0vtA