Lingkar Banyumas

KKKS Widya Sarkara Pekuncen Selenggarakan Sosialisasi Penyusunan Raport Kurikulum Merdeka

Jumat, 9 Desember 2022 18.35

KKKS Widya Sarkara Pekuncen Selenggarakan Sosialisasi Penyusunan Raport Kurikulum Merdeka

Suara Purwokerto -  KKKS Widya Sarkara Kecamatan Pekuncen selenggarakan sosialisasi penyusunan raport kuikulum merdeka. Kegiatan dilaksanakan tanggal 7 - 9 Agustus 2022.  Pelaksanaan kegiatan bertempat di dua tempat, yakni di SD Negeri 1 Cikawung dan SD Negeri 1 Pekuncen. 
Menurut keterangan Androi, S.Pd., selaku ketua KKKS Pekuncen, kegiatan sosialisasi hari pertama difokuskan untuk para kepala sekolah. Dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan, ia menyampaikan tujuan dari kegiatan sosialisasi adalah untuk memantapkan pemahaman serta menentukan penggunaan raport kurikulum merdeka di setiap sekolah. Selain itu hal yang paling utama menurutnya adalah bagaimana setiap sekolah dapat menyampaikan hasil belajar siswa sesuai dengan rencana waktu yang telah ditentukan oleh dinas pendidikan. 
"Kegiatan sosialisasi hari pertama difokuskan untuk para kepala sekolah. Tujuannya adalah untuk memantapkan dan menentukan penggunaan raport kurikulum merdeka di setiap sekolah," pungkas Andrio.
Andrio juga menambahkan, selain kegiatan sosialisasi juga ada kegiatan lain, yakni penjelasan penyusunan SKP dan PAK tahunan.
"Selain sosialisasi raport, pada kegiatan ini juga nanti disampaikan penjelasan penyusunan SKP dan PAK tahunan," katanya.
Aminudin, S.Pd., Kepala SDN 1 Pekuncen, selaku narasumber kegiatan pada sesi hari kedua dan ketiga menjelaskan bahwa yang harus dipersiapan dalam pengerjaan raport kurikulum merdeka adalah tujuan pembelajaran dan aplikasi raportnya. Menurut keterangannya, peserta hari kedua dan ketiga difokuskan untuk para guru kelas 1 dan 4. Amin fokus melatih para guru dalam penggunaan aplikasi raport, pengolahan nilai baik formatif, maupun sumatif. 
"Dalam penyusunan raport kurikulum merdeka, para guru kelas 1 dan 4 harus menyiapkan tujuan pembelajaran dan aplikasi raport. Fokusnya nanti kita akan praktikan bagaimana cara menggunakan aplikasi raport, pengolahan nilai baik formatif, maupun sumatif," pungkas Amin.

Penulis: Angga/Yusep Kurniawan

Editor: Parsito Tommy

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX