Lingkar Banyumas

Kwarran Somagede Menggelar Diklat Jurnalistik

Selasa, 06 Desember 2022 19:44 WIB

Kwarran Somagede Menggelar Diklat Jurnalistik

Suara Purwokerto - Kwartir Ranting (Kwarran) Somagede Banyumas menggelar diklat jurnalistik, Selasa (6/12) di Sasana Krida Wiyata KPRI KPK Somagede. Kegiatan dibuka oleh Ketua Kwaran Sartim, S.Pd dan diikuti oleh 27 pembina dan 8 orang DKR Somagede.
Ketua kwarran Somagede, Sartim , S.Pd. mengatakan bahwa diklat ini bertujuan untuk membekali pembina ilmu jurnalistik sehingga nantinya bisa mempublikasikan kegiatan Pramuka, minimal kegiatan di pangkalannya masing-masing.
“Diklat ini diikuti oleh 27 pembina dan 8 DKR Somagede”, kata Kak Sartim.
Diklat ini menghadirkan pemateri dari Bidang Humas dan Informatika Kwarcab Banyumas, Parsito. Ia menjelaskan terkait tehnik penulisan berita dan reportase.
"Unsur berita itu harus memenuhi unsur 5 W + 1 H. Sehingga saat melakukan reportase unsur tersebut harus sudah didapatkan dari narasumber," katanya.
Parsito menambahkan bahwa pendidikan dan pelatihan Pramuka penuh dengan edukasi, sehingga diharapkan para pembina dapat mengekpos, kegiatan tersebut melalui berbagai platform media agar diketahui banyak orang.
"Media itu bisa mengubah Cacing terlihat seperti Naga. Artinya peristiwa kecil ketika dipublish melalui media akan diketahui banyak orang," lanjutnya
Parsito melanjutkan agar terbiasa dalam menulis, peserta diharapkan dapat membuat tulisan atau reportase yang nantinya akan dikirim melalui media

Penulis: Syarifah Nihayati, Gudep SD Plana

Editor: Andy Ismer

Copyright ©2023 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.22.1 | Build ID: VP_LxODfZ1kWeIuyl0vtA