Lingkar Banyumas

62 Pembina Siaga Kwarran Purwokerto Timur Up Grade Kecakapan

Sabtu, 3 Desember 2022 20.39

62 Pembina Siaga Kwarran Purwokerto Timur Up Grade Kecakapan

Suara Purwokerto - Sebanyak 62 pembina dari 30 pangkalan yang ada di Kwartir Ranting (Kwarran) Purwokerto Timur meng up grade kecakapan dalam pelatihan melalui kegiatan gelang ajar bagi pembina siaga, Sabtu, 3 Desember 2022 di Pendopo Kecamatan Purwokerto Timur. Kegiatan ini dihadiri sejumlah pengurus Kwarran Purwokerto Timur, Mabiran, dan narasumber dari Kwartir Cabang Banyumas. 
Ketua Mabiran Harian Eko Darsono, S.Pd., M.Pd dalam sambutannya menyampaikan perlunya peningkatan profesionalisme pembina pramuka khususnya pembina golongan siaga. 
"Kita sebagai pembina perlu up grade dan kembali belajar dari awal, dari dasar. Karena kebanyakan sekolah melaksanakan kegiatan pramuka sebagai ekstra kurikuler namun pembinanya tidak memiliki ruh  yang kuat, jiwa pramuka yang kurang kuat. Sehingga anak didik kurang bersemangat mengikut ekskul pramuka tapi rasa Pramuka-nya kurang. Hanya karena kewajiban saja, tidak menghayati”, kata Eko.
Pada kesempatan ini secara simbolis Eko Darsono menyerahkan bantuan dari Pramuka Peduli Kwarran Purwokerto Timur untuk disalurkan untuk Korban Gempa Bumi Cianjur melalui Crisis Center Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas. 
Salah satu panitia kegiatan Mar Atun Sholihah, M.Pd menyampaikan tujuan kegiatan adalah  untuk menyiapkan pembina pramuka yang handal, mumpuni, dan mampu bersaing di era global. Selain itu, gelang ajar juga sebagai bekal materi teknis kepramukaan yang mengarah pada tertibnya administrasi gudep sehingga terbentuk gudep yang unggul di Purwokerto Timur.
"Selain sebagai ajang silaturahmi pembina siaga, gelang ajar ini juga membekali peserta dengan materi bagaimana membina secara teknis dan sistematis dalam pencapaian SKU, SKK dan Pramuka garuda tingkat siaga," katanya.
Tim Kwarcab Banyumas yang memberikan materi terdiri dari Joko Wahyanto, Didit Aryanto dan Aniati

Penulis: Yusuf Setyadi

Editor: Parsito Tommy

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX