Lingkar Banyumas

Al Irsyad Kirimkan 40 Relawan Bantu Korban Gempa Bumi Cianjur

Kamis, 24 November 2022 18:32 WIB

Al Irsyad Kirimkan 40 Relawan Bantu Korban Gempa Bumi Cianjur

Suara Purwokerto - Dalam suasana Muktamar Nasional ke-41 di Purwokerto, Al Irsyad Al Islamiyyah tetap memberikan perhatian terhadap korban gempa bumi Cianjur. Melalui Lembaga Amil Zakat Nasional ( Laznas) Al Irsyad mengirimkan 40 orang relawan, 2 mobil ambulance dan 4 mobil operasional untuk membantu tanggap bencana gempa bumi ke wilayah yang terdampak dan ditempatkan di tiga titik posko pengungsian.
Ketua Laznas Al Irsyad Hidayat mengungkapkan personil yang dikirimkan untuk penanganan gempa bumi Cianjur, berjumlah 40 orang yang berasal dari Bandung, Ciledug, Purwokerto dan Bogor. Pada tahap tanggap darurat ini pihaknya membawa bahan makanan, peralatan dapur dan obat- obatan.
"Per hari ini ada 4 cabang kami yang sudah berbagi tugas di Cianjur, ada dari Bandung, Ciledug, Purwokerto dan dari Bogor. Ini salah satu bentuk program kemanusiaan yang ini merupakan barang baru di Al Irsyad. Sebelum Muktamar 2017, belum ada, maka Muktamar kali ini di Purwokerto kami ingin menjadi ormas yang hadir di tengah masyarakat," katanya Kamis (24/11/2022).
Dari peristiwa tersebut dalam muktamar ke -41 Al Irsyad akan lebih menguatkan tiga pilar dakwah Al Irsyad yakni bidang pendidikan, dakwah keagamaan dan  sosial kemanusian. 
Hidayat menambahkan jika tim relawan yang diterjunkan ke Cianjur rencananya akan mulai melakukan masa recovery pada Minggu depan. Untuk membantu meringankan beban trauma anak-anak di pengungsian, pihaknya mulai Senin 28 Nopember akan melakukan trauma healing dengan cara mendongeng.
"Seminggu dua Minggu tanggap darurat, lalu masa recovery, lalu kita akan hadirkan pendongeng hari Senin untuk trauma healing anak anak di pengungsian. Mereka recovery lalu kita ajak untuk membangun rumah bersama sama dengan gotong royong," pungkasnya.

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andi Ismer

Copyright ©2022 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.21.2 | Build ID: qcGjvQDhJWW69CaCs8gPc