Lingkar Banyumas

Kwarran Purwokerto Timur gelar Pelatihan Pengelolaan Sampah dan Jurnalistik

Minggu, 20 November 2022 22:02 WIB

Kwarran Purwokerto Timur gelar Pelatihan Pengelolaan Sampah dan Jurnalistik

Suara Purwokerto - Kwartir ranting (Kwarran) Purwokerto timur melakukan pelatihan pengelolaan sampah dan jurnalistik Kamis, 18 November 2022 di Pendopo kecamatan Purwokerto Timur. Pelatihan diikuti 37 peserta perwakilan Pembina pramuka di setiap Pangkalan se Purwokerto Timur.
Eko Darsono, S.Pd., M.Pd., selaku Ketua Mabiran Harian menyampaikan perlunya semangat dan motivasi untuk terus menggiatkan kegiatan pramuka. Selain sebagai muatan pelajaran di sekolah, pramuka juga sangat baik untuk membentuk karakter. Ia berpesan perlunya tindak lanjut dari kegiatan pelatihan sehingga dampaknya bisa dirasakan.
"Harapan saya, setelah kegiatan ini ada tindak lanjut dan monitoring secara berkelanjutan," katanya 
Ketua Panitia Kurniasih, S.Pd, mengatakan pelatihan bertujuan untuk mengurangi sampah dapur yang dapat dimanfaatkan menjadi eco enzim.
"Pelatihan pengelolaan sampah ini dilatarbelakangi oleh banyaknya sampah di daerah Purwokerto Timur yang tidak diolah dan didaur ulang dengan baik. Oleh karena itu, Kwarran menyelenggarakan pelatihan ini yang mendatangkan narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup Ibu Mikesti," katanya
Narasumber Mikesti menjelaskan mengenai pengelolaan sampah yang berasal dari sampah dapur segar dapat dimanfaatkan menjadi eco enzim. 
"Eco enzim ini bermanfaat untuk pertumbuhan/fertilizer atau bisa juga untuk pembasmi serangga," katanya 
Untuk membuat eco enzim, bahan yang digunakan mudah ditemui di rumah masing-masing, yaitu sisa kulit buah/sayur segar, gula merah, air dengan perbandingan 3:1:1. Alat yang digunakan yaitu wadah toples, talenan, dan pisau/gunting. Dengan didiamkan selama 3 bulan di wadah tertutup, sampah segar dari dapur sudah menjadi eco enzim yang bermanfaat untuk masyarakat.
Pelatihan dilanjutkan dengan materi yang kedua, yaitu jurnalistik yang disampaikan oleh Yusuf Setyadi. Ia memberikan kiat-kiat menulis berita yang baik dan benar, selain itu, kegiatan pelatihan ini juga melatih peserta untuk langsung membuat berita berdasarkan peristiwa. Peserta mempraktikkan membuat berita tentang kegiatan pelatihan pengelolaan sampah dan Jurnalistik yang sedang berlangsung. 
"Dalam membuat berita yang lengkap, hendaknya memuat 5w+1H. Selain itu, juga dilengkapi dengan dokumentasi pendukung," jelas Yusuf.

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andy Ismer

Copyright ©2022 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.21.2 | Build ID: qcGjvQDhJWW69CaCs8gPc