Lingkar Banyumas

Merekam Jejak Prestasi, Pramuka Banyumas Diajari Cara Menulis Kisah Inspiratif

Minggu, 20 November 2022 05:12 WIB

Merekam Jejak Prestasi, Pramuka Banyumas Diajari Cara Menulis Kisah Inspiratif

Suara Purwokerto - Literasi membaca dan menulis adalah dua dari sekian jenis literasi dasar yang seyogyanya dimiliki oleh setiap individu. Termasuk bagi para Pramuka. Guna mendukung dan memfasilitasi hal tersebut, perpustakaan Kalpavriksha Pustaka Kwartir Cabang Banyumas, pada hari Jumat (18/11) menyelenggarakan Pelatihan Penulisan Kisah Inspiratif Pramuka Berprestasi Kwartir Cabang Banyumas Tahun 2022. 
Sebanyak 32 peserta dari golongan Pramuka Siaga hingga Pembina dari berbagai pangkalan di wilayah Kwartir Cabang Banyumas hadir dalam kegiatan tersebut. Mereka adalah para Pramuka berprestasi pemenang Eagle Scout Award dan Quiz Pandu Citra Loka di tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah serta purna Jambore Nasional 2022 kontingen Kwartir Cabang Banyumas. 
Fuad Zen Arifin, S.Pd selaku ketua unit perpustakaan Kalpavriksha Pustaka dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa, keterampilan menulis merupakan keterampilan yang perlu diasah sedini mungkin dan dilakukan secara konsisten agar mendapatkan hasil yang baik. 
"Pengalaman-pengalaman yang dimiliki oleh para peserta adalah cerita hidup yang sangat berharga. Maka alangkah bagus jika pengalaman-pengalaman tersebut dituangkan dalam tulisan dan diabadikan dalam bentuk buku. Selain sebagai dokumentasi dan monumen, kisah-kisah dalam buku tersebut juga dapat menginspirasi para pembacanya," katanya
Kegiatan yang dilaksanakan di aula Kwartir Cabang Banyumas itu menggandeng CV Bina Insan Cendekia sebagai pemateri. Trik dan tip menulis disampaikan oleh Panca Bayu Kunhartati, S.Pd. 
Peserta tampak antusias mengikuti sesi ini. Selain karena disampaikan dalam suasana yang menyenangkan, tampilan materi yang ditayangkan di layar juga memungkinkan peserta untuk mengikutinya dengan baik. 
Demikian pula pada sesi tanya jawab dan praktik menulis. Salah seorang peserta, Gita Aulia Rahmadani dari SMP Negeri 1 Jatilawang, kabupaten Banyumas, juara 1 Putri Golongan Penggalang Eagle Scout Award sekaligus purna Jambore Nasional 2022.
"Kegiatan ini sangat menarik dan menambah pengetahuannya lebih dalam mengenai dunia menulis dan kepenulisan, khususnya penulisan kisah inspiratif," katanya 
Sementara itu tata cara membuat dan cetak buku disampaikan oleh Wiwit Uji Sharaswati, M.Hum. Diantaranya adalah tentang cara membuat buku, tanggung jawab sebagai penulis, hak cipta karya tulis, dan ISBN. 
Materi ini tak kalah penting untuk diketahui dan dipahami oleh para peserta agar ke depan tulisan-tulisan yang dihasilkan berada di koridor yang seharusnya dan dapat dipertanggingjawabkan. 
Dan sebagai tindak lanjut dari kegiatan Pelatihan Penulisan Kisah Inspiratif Pramuka Berprestasi Kwartir Cabang Banyumas Tahun 2022 ini adalah penerbitan buku antologi kisah inspiratif para peserta pelatihan

Penulis: Salimah Kurniasih, S I Pust

Editor: Andi Ismer

Copyright ©2022 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.21.2 | Build ID: qcGjvQDhJWW69CaCs8gPc