Lingkar Banyumas

Wujudkan PAUD Holistik Integratif, Dindik Gelar Penguatan Peran Bunda PAUD

Selasa, 15 November 2022 16:06 WIB

Wujudkan PAUD Holistik Integratif, Dindik Gelar Penguatan Peran Bunda PAUD

Suara Purwokerto - Bunda PAUD Kabupaten Banyumas Ny Erna Husein menghadiri sekaligus memberikan sambutan dalam penguatan peran bunda PAUD kecamatan dan desa/kelurahan dalam mendukung layanan PAUD berkualitas di Kabupaten Banyumas. Kegiatan ini diselenggarakan di Hastinapura Convention Center Java Heritage Hotel pada Selasa (15/11).
Dalam laporannya Kasi PAUD Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Dwi Kustantinah menjelaskan peserta pada kegiatan ini sebanyak 27 Bunda PAUD se-Kecamatan dan 331 Bunda PAUND Desa, Kelurahan se-Kabupaten Banyumas.
"Materi yang akan diberikan adalah mengenai PAUD Holistik Integratif oleh dinas kesehatan dan parenting oleh dinas pendidikan," ucapnya.
Dalam sambutannya, Erna Husein menjelaskan alasan diadakannya kegiatan ini dalam rangka pengingkatan akses dan penguatan pendampingan satuad PAUD HI di Kabupaten Banyumas.
"PAUD Holistik Integratif sendiri memiliki arti penanganan terhadap anak usia dini secara utuh atau menyeluruh yang di dalamnya mencakup pelayanan gizi, kesehatan, pendidikan dan pengasuhan serta perlindungan guna mengoptimalkan seluruh aspek perkembangan anak," ujarnya.
Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyums Joko Wiyono dalam sambutan Bupati Banyumas juga menjelaskan bahwasannya usia paud merupakan golden age bagi anak, sehingga anak akan lebih tanggap dalam mempelajari suatu hal yang diberikan.
"Untuk itu, kita harus mengoptimalkan berbagai stimulus untuk merangsang tumbuh kembang anak, mulai dari sisi kofnitif, psikomotorik hingga afektif," terangnya.
Dukungan-dukungan di bidang pendidinan usia dini terus gencar dilakukan oleh Bunda PAUD Kabupaten Banyumas Ny Erna Husein guna meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Banyumas.

Penulis: Ni Pembayun

Editor: Andy Ismer

Copyright ©2022 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.21.2 | Build ID: qcGjvQDhJWW69CaCs8gPc