Lingkar Banyumas

Wujudkan Pramuka Tanggap Bencana, Kwarran Sumbang Gelar Diklat Pramuli

Minggu, 13 November 2022 21:51 WIB

Wujudkan Pramuka Tanggap Bencana, Kwarran Sumbang Gelar Diklat Pramuli

Suara Purwokerto - Kwartir Ranting (Kwarran) Sumbang mengadakan edukasi kebencanaan bagi 41 Penegak dari beberapa pangkalan SMK/MA Se-Kwarran Sumbang, Sabtu dan Minggu tanggal 12-13 November 2022 bertempat di Aula Kecamatan Sumbang dan Kolam Renang Randu Bengkong Desa Sikapat Kecamatan Sumbang. Kegiatan Pendidikan dan pelatihan (Diklat) Pramuka Peduli (Pramuli) bertujuan untuk mewujudkan anggota Pramuka yang tanggap terhadap situasi kebencanaan. 
Diklat Pramuli dibuka oleh ketua Kwarran Sumbang Tarkam dan diikuti 41 peserta. Dalam sambutan ketua Kwarran Sumbang mengatakan bahwasanya Peranan pramuka peduli di Kwartir Ranting Sumbang adalah sebagai tim pelaksana dalam tugas kebencanaan atau sebagai kepanjangan  tangan kwartir Ranting dalam tugas penanganan bencana, baik sebelum pada saat maupun setelah adanya bencana.
"Yang perlu disiapkan dan tertanam dalam hati kita bahwa Pramuli  identik dengan relawan bencana yang dalam tugasnya selalu di tempatkan di tempat yang tidak enak dalam kata lain selalu berada pada posisi keadaan susah, sedih bahkan sering dalam keadaan miris, tetapi yang perlu kita ingat setelah tugas kita laksanakan  yang kita dapat kepuasaan, kebanggaan, kebahagiaan karena kita bisa berbagi dan menolong orang lain," katanya.
Harapannya Pramuli Sumbang selalu tanggap terhadap kebencanaan" terangnya. 
Pemateri dari Koramil Sumbang Hesti Setiwan menyampaikan tentang Kedisiplinan. Menurutnya kedisiplinan merupakan kunci sukses di berbagai bidang.
Maka dari itu tanamkan sejak dini kedisiplinan tersebut dimulai disiplin diri, terutama dalam penanganan bencana benar benar harus disiplin sesuai SOP" katanya. 
Peserta juga mendapat berbagai materi aksi tanggap bencana yang dibawakan oleh Rasno dari Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa(Dinsospermades) Kabupaten Banyumas, Materi Pramuka Peduli disampaikan oleh Ery Kusnanto, sementara Rr. Retno Diyah Suprobowati dan Rino Junianto memberikan materi P3K tentang Triage.
Sementara materi SAR Air oleh Heriana Adi Chandra dan Tofik 
"Berhati-hatilah dalam menolong korban banjir jangan menolong orang tenggelam kalau tidak bisa berenang, jangan jadi korban dari relawan pramuka peduli yang akan menolong orang lain," tegasnya.
Setelah materi SAR Air dilanjutkan materi simulasi kebencanaan, dan diakhiri pelantikan sebagai Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana  (SRC-PB) Kwarran Sumbang.

Penulis: Rino Junianto

Editor: Andy Ismer

Copyright ©2022 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.21.2 | Build ID: qcGjvQDhJWW69CaCs8gPc