Lingkar Banyumas

Yusup Supriyadi, SH Kapusdiklatcab Banyumas Raih Penghargaan Cendekia

Minggu, 13 November 2022 14:47 WIB

Yusup Supriyadi, SH Kapusdiklatcab Banyumas Raih Penghargaan Cendekia

Suara Purwokerto - Yusup Supriyadi, SH Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Cabang (Kapusdiklatcab) yang juga menjadi Pamong Saka Bayangkara Kwarcab Banyumas meraih Penghargaan Cendekia atau lulus terbaik bersama 2 teman lainya pada Pendidikan Alih Golongan (PAG) gelombang I tahun 2022, Resimen Tadya Maharana Kivandra. Pelantikan 1.252 Bintara menjadi Perwira Polri pada upacara penutupan Pendidikan Alih Golongan (PAG) gelombang I tahun 2022, dilakukan oleh Kalemdiklat Polri Komjen Pol Prof. Dr. H. Rycko Ameldza Dahniel, M.Si Selasa (8/11/202) lalu di Sekolah Pembentukan Perwira Sukabumi.
Pada upacara penutupan pendidikan dan pelantikan perwira lulusan Pendidikan Alih Golongan kali ini, Kalemdiklat Polri memberikan penghargaan kepada tiga lulusan terbaik, diantaranya lulusan terbaik bidang akademik diberikan kepada Ipda Yusup Supriyadi, S.H, asal pengiriman Polda Jawa Tengah. 
Ketua Kwarcab Banyumas Agus Nur Hadie, S. Sos, M.Si mengaku senang dan turut bangga atas prestasi yang diraih oleh Kak Yusup sebagai sosok Polisi yang sangat aktif di Gerakan Pramuka, sebagai sebagai Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan Kepramukaan Kwartir Cabang Banyumas yang juga Pamong Saka Bayangkara Polresta Banyumas. 
"Tak hanya itu Kak Yusup juga menjadi pengurus Pusdiklatda Kwartir Daerah Jawa Tengah dan juga menjadi Korps Pelatih Pusdiklatnas Kwartir Nasional," katanya.
Menurut Ketua Kwarcab dan jajaran pengurus Kwarcab hingga Kwarran, raihan yang dicapai oleh Kak Ipda Yusup Supriyadi, SH menjadi teladan bagi Pramuka di Banyumas mulai Pelatih, Pembina, Pramuka dewasa lain dan anak didik yang selalu mengidolakan Kak Yusup menjadi sosok Polisi dan Pramuka yang mumpuni.
"Beliau Kak Yusup tidak hanya menjadikan pembina dan anggota Pramuka Banyumas menjadi terbaik, dengan berbagai prestasi di Saka Bayangkara dan Kwarcab. Tetapi juga terbukti menunjukkan diri menjadi yang terbaik juga dalam menempuh pendidikan. Hal ini mengulang sukses menjadi lulusan terbaik pada saat mengikuti Pendidikan Bintara di SPN Purwokerto dulu," kata Agus.
Yusup Supriyadi sendiri menyadari akan keaktifan sebagai polisi dan keaktifan membina Pramuka di Saka Bhayangkara dan kiprahnya di Kwarcab Banyumas bahkan di Pusdiklatnas harus bisa membagi waktu sebaik mungkin termasuk juga berbagi waktu dengan keluarga. Ia yang menjadikan Polisi sebelumnya sudah aktif di Pramuka Saka Bayangkara, sudah terbiasa dengan mengatur pola tugas dan kegiatan yang sebegitu banyaknya, sehingga dengan kesungguhan berproses di PAG, telah mengantarkannya menjadi lulusan terbaik dalam bidang akademik dengan meraih penghargaan "CENDEKIA".
“Alhamdulillah, sungguh merupakan kebahagiaan yang saya syukuri, dalam pendidikan Alih Golongan dari Bintara ke Perwira, saya mendapatkan Prestasi Cendekia, ini mengulang prestasi kedua kalinya, dimana saat pendidikan pembentukan Bintara Polri, saya meraih dua prestasi yaitu sebagai Siswa Teladan dan Tertabah. Terimakasih atas segala dukungan, do’a dari para Komandan, senior, sahabat dan Kakak – Kakak semua, sehingga saya dapat melalui seluruh proses dari seleksi, pendidikan hingga pelantikan dengan lancar” kata Yusup saat dihubungi melalui sambungan telepon Minggu 13 Nopember 2022.
Pesan Kak Yusup untuk adik - adik Pramuka agar “Jangan pernah lelah belajar, jangan pernah berhenti bermimpi, tetap semangat untuk belajar, berlatih dan berdoa, memohon kepada Allah SWT”.
Dengan dilantiknya Kak Yusup sebagai Perwira Polri, juga disambut bahagia oleh keluarga besar Saka Bhayangkara Kwarcab Banyumas bahkan seluruh Pramuka Banyumas. Ucapan selamat disampaikan oleh Mabi Saka Bhayangkara Kwarcab Banyumas Kombes Pol Edy Suranta Sitepu, S.I.K., M.H, melalui Pimpinan Saka Bhayangkara Kompol Subeno, S.H., M.H,. 
“Selamat atas pelantikan perwira Polri kepada Ipda Yusup atau Kak Yusup dengan prestasi Cendekia, kami turut bangga semoga semakin meningkatkan motivasi dalam mendarma baktikan diri di Polri dan di Gerakan Pramuka, ia layak mendapatkannya”," katanya.

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andi Ismer

Copyright ©2022 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.21.2 | Build ID: qcGjvQDhJWW69CaCs8gPc