Lingkar Banyumas

BERASPIRASI LEWAT DEMOKRASI PEMILIHAN KETUA RT

Sabtu, 12 November 2022 21:37 WIB

BERASPIRASI LEWAT DEMOKRASI PEMILIHAN KETUA RT

Suara Purwokerto - Semakin banyaknya pilihan tentang sosok pemimpin yang diinginkan oleh mayoritas masyarakat,  menjadikan pemilihan sosok tersebut dapat diwujudkan dengan penyaluran aspirasi pemilih.
Hal ini sangat disadari oleh seluruh warga RT 3 RW 4 Desa Kalisube Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas untuk memiliki pemimpin lewat Pemilihan Ketua RT setempat.
Dengan menyuguhkan 3 orang kandidat terpilih lewat musyawarah sebelumnya, pada Jumat (11/11/2022) malam dihelat Pemilihan Ketua RT 3 RW 4 Desa Kalisube di rumah salah seorang warga.
Jiran Sujani, Ketua Panitia Pemilihan mengatakan dalam sambutannya bahwa terpilihnya 3 orang kandidat tersebut telah melewati fase yang telah dijadwalkan.
"Kandidat yang terjaring adalah pilihan dari warga karena dinilai memiliki komitmen untuk perkembangan dan pembangunan wilayah RT 3 RW 4" katanya.
Dengan melewati masa pemilihan calon sampai dengan pengumuman terpilihnya bakal calon telah dilewati secara mufakat.
"Panitia telah menjaring 3 nama terpilih yaitu Waluyo, Suroso dan Raswan sebagai calon Ketua RT" lanjutnya.
Dihadapan Kepala Desa Kalisube, Ketua BPD Kalisube, Para Ketua RW dan RT serta warga, Jiran menjelaskan bahwa proses pemungutan suara dilakukan dengan 2 cara yaitu lewat perkumpulan dasa wisma yang ada dan juga pertemuan rutin warga.
"Surat suara dari dasa wisma sudah kita kumpulkan tadi sore dan akan digabung dengan hasil pemungutan suara malam ini" jelasnya.
Pada akhir proses pemilihan suara, panitia menghitung jumlah suara yang terkumpul sebanyak 173 pemilih yang menggunakan hak pilihnya.
Lewat perhitungan yang transparan didapati masing masing calon ketua RT berurutan mendapat suara, Waluyo 57 suara, Suroso 102 suara dan Raswan 14 suara.
Setelah secara demokratis terpilih, Kepala Desa Kalisube, Cip Setiadi, memberikan ucapan selamat dan juga terima kasih atas penyelenggaraan yang telah berjalan sukses dan transparan.
"Kepada calon terpilih untuk bisa membangun lingkungannya dengan lebih baik dan untuk yang belum terpilih jangan berkecil hati karena semua untuk kebaikan lingkungan di sini" katanya.
Setelah proses pemilihan berjalan, secara simbolis Kepala Desa menyerahkan seperangkat administrasi kepada Ketua RT terpilih sebagai tanda bahwa sudah mulai bisa bekerja mengabdi pada lingkungan.

Penulis: Pujo Priono

Editor: Andy Ismer

Copyright ©2022 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.21.2 | Build ID: qcGjvQDhJWW69CaCs8gPc