Lingkar Banyumas

Pembina Putri Kwarran Somagede Ikuti Pelatihan Membuat Hantaran

Sabtu, 05 November 2022 15:17 WIB

Pembina Putri Kwarran Somagede Ikuti Pelatihan Membuat Hantaran

Suara Purwokerto - Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Somagede menggelar kegiatan Kursus Keputrian, Jum’at, 4 November 2022 di Sasana Krida Wiyata, Somagede, Banyumas. Kegiatan ini diikuti oleh Pembina putri perwakilan dari SD/MI, SMP dan SMK Se-Kwarran Somagede sejumlah 27 pembina putri.
Kegiatan dibuka oleh Waka Binawasa Kwarran Somagede, Riyanti, S.Pd.M.Pd. Dalam sambutannya ia mengatakan Kursus Keputrian ini untuk memberi bekal ketrampilan kepada pembina putri, di Somagede agar mereka memiliki ketrampilan di bidang pembuatan hantaran. Setelah pulang kursus bisa menukarkan ke sesama pembina di masing-masing gugus depannya, dan harapannya ketika ada keluarga, teman, tetangga, yang akan membuat hantaran dapat membantunya.
"Hantaran atau seserahan sudah menjadi bagian yang umum dalam rangkaian pernikahan di Indonesia. Seserahan yang dulu tidak wajib hukumnya kini sudah mengakar dalam budaya dan menjadi bagian dalam proses pernikahan. Sering kali masyarakat menganggap para pembina itu serba bisa, maka kegiatan ini dilaksanakan," katanya.
Pemandu kursus ketrampilan adalah Laelatul Khusna. Ia sangat salut dan bangga, pembina di Somagede yang bersemangat belajar membuat hantaran.
"Senang rasanya bisa berbagi ilmu dengan pembina di Somagede. Semoga ketrampilan yang diberikan dapat bermanfaat, “ujarnya
Sementara itu di tempat yang sama Kartika Sari, S.Pd pembina putri asal SD Negeri Kanding yang ikut sebagai peserta mengaku sangat senang mendapat ilmu atau ketrampilan baru bagaimana cara membuat hantaran. 
"Ini hal baru namun sangat menarik. Saya nantinya ga ragu jika dimintai bantuan untuk membuat dan merangkai hantaran," ungkapnya
Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini diawali dengan memperhatikan penjelasan dari pemateri dan dilanjutkan praktik langsung membuat hantaran. Tanpa terasa waktu selesai hingga sore, peserta masih asyik berkreasi membuat hantaran.

Penulis: Gunadi, S.Pd.SD

Editor: Parsito

Copyright ©2022 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.21.2 | Build ID: qcGjvQDhJWW69CaCs8gPc