Lingkar Banyumas

Skransa Scout Competition Ramaikan Perjusa SD Negeri 1 Kranji Purwokerto Timur

Minggu, 25 September 2022 07.25

Skransa Scout Competition Ramaikan Perjusa SD Negeri 1 Kranji Purwokerto Timur

Suara Purwokerto - Pengkalan SD Negeri 1 Kranji Kwartir Ranting Purwokerto Timur menggelar Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa) 23-24 September 2022 di sekitar sekolah setempat. Dengan mengambil tema kegiatan berakhlak, bertanggungjawab dan berprestasi, kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan karakter positif para peserta. 
Karena diguyur hujan sejak sore hari, pembukaan kegiatan dilaksanakan didalam ruangan. Dengan dihadiri Waka dan Sekretaris Bina Muda Kwarran Purwokerto Timur, segenap pembina Pramuka SDN 1 Kranji, Bhabin Kamtibmas, kegiatan perjusa dibuka oleh Idha Nurani Kepala Sekolah SDN 1 Kranji selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugusdepan (Mabigus).
Mabigus Idha Nurani mengatakan kegiatan ini bertujuan membentuk karakter, menanamkan kedisiplinan dan kemandirian, mempererat komunikasi sesama Anggota Pramuka, melatih kekompakan dan kreatifitas serta inovasi, melatih dan menambah mental Anggota Pramuka juga membentuk teamwork yang kompak dan solid. 
“Sebagai anggota pramuka, disini kalian dilatih untuk lebih mandiri, disiplin dan bertanggung jawab untuk bekal dalam meraih prestasi dan kesuksesan,” katanya.
Ketua Panitia Perjusa Yusuf Setyadi mengatakan setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan perlombaan beregu bertajuk Skransa Scout Competition (SSC). Materi yang dilombakan adalah pengetahuan umum dan pengetahuan kepramukaan, morse, sandi dan bumbung Pramuka.  
Pada Perjusa ini juga digelar upacara penyalaan api unggun dan pentas seni didahului dengan pelantikan 26 pramuka menjadi penggalang ramu dari total 280 peserta Perjusa," katanya
SSC juga dilanjutkan dengan materi KIM pendengaran dan penglihatan, dan keagamaan.
Setelah melalui berbagai penilaian, panitia memutuskan dan mengumumkan tiga regu tergiat putra dan putri perjusa SD Negeri 1 Kranji. Masing-masing Regu Elang, Rajawali, dan Komodo didapuk sebagai tergiat 1, 2 dan 3  putra serta regu Jasmin, Mawar dan Raflesia untuk regu tergiat putri.

Penulis: Yusuf Setyadi

Editor: Andi Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX