Lingkar Banyumas

Pangkalan SD QITA Pungut Sampah di World Clean Day

Sabtu, 24 September 2022 19.30

Pangkalan SD QITA Pungut Sampah di World Clean Day

Suara Purwokerto - Gerakan Pramuka Gugus Depan 05.3603 dan 05.3604 yang berpangkalan di SD Qaryah Thayyibah Purwokerto (SD QITA) Kwartir Ranting Kedungbanteng memperingati World Clean Day 2022 dengan cara yang seru. Aksi pungut sampah sembari berhiking dipilih sebagai kegiatan pada Sabtu (24/9) di wilayah RT 05 RW 02 desa Karangsalam Kidul.
Aksi ini diikuti oleh seluruh peserta didik dari golongan siaga sampai penggalang mulai kelas 1 hingga kelas 6. Cecep Supriatno, selaku Ketua Mabigus, beserta para pembina dan guru-guru yang lain juga turut serta mendampingi.
Kegiatan ini diawali dengan apel pengarahan, pembagian kelompok dan dilanjutkan dengan pemberangkatan. Setiap kelompok diberikan bekal beberapa kantong sampah. Saat hiking, peserta didik ditugaskan untuk mengambil sampah yang ada di jalur hiking. 
"Aksi pungut sampah ini merupakan peringatan World Clean Day yang sejatinya jatuh pada tanggal 23 kemarin. Jangan lupa sampah yang kita temui nanti saat hiking, langsung diambil dan nanti hasilnya dikumpulkan dan dipiliah," jelas Cecep menjelang keberangkatan.
Ia menambahkan, bahwa sampah organik akan masuk ke dalam komposter dan biopori. Sementara sampah anorganik dikategorikan ke bahan daur ulang atau tidak bisa didaur ulang. Selanjutnya, kegiatan di pos terakhir adalah membuat poster bertemakan World Clean Day sebagai pengingat dan motivasi agar peserta didik senantiasa menjaga kebersihan dan selalu membuang sampah di tempatnya sesuai jenisnya. 

Penulis: Fuddin

Editor: Andi Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX