Lingkar Banyumas

Pemkab Banyumas Raih Penghargaan Kemenkeu, Kategori 10 Kali WTP

Jumat, 23 September 2022 10.29

Pemkab Banyumas Raih Penghargaan Kemenkeu, Kategori 10 Kali WTP

Suara Purwokerto - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas kembali meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terkait perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pelaporan keuangan pemerintah daerah. Kali ini, perolehan penghargaan dengan kategori 10 kali WTP BPK. Penghargaan diberikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kepada Asisten Administrasi dan Umum, Drs. Nugroho Purwoadi, MM mewakili Bupati Banyumas Achmad Husein, Kamis (22/9/2922) di Gedung Dhanapala Kementrian Keuangan bersamaan dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022.
“Alhamdulillah, Pemkab Banyumas mendapatkan penghargaan kembali dan kami ucapkan terima kasih atas apresiasi Kementerian Keuangan. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi ASN Pemkab Banyumas untuk lebih baik lagi dalam menjalankan tata kelola dan pelaporan keuangan pemerintah daerah,” kata Bupati Banyumas Achmad Husein 
Bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada DPRD Kabupaten Banyumas, karena kerja keras ASN Banyumas. selalu.mendapat dukungan mulai dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pengelolaan keuangan daerah.
Asisten Administrasi dan Umum Nugroho Purwoadi mengatakan Kementerian Keuangan setiap tahunnya memberikan penghargaan kepada pemerintah, lembaga, dan pemerintah daerah sebagai entitas pelaporan keuangan. Penghargaan diraih atas perolehan opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI). Hingga tahun 2022 Pemkab Banyumas sendiri telah mendapatkan opini WTP sebanyak 11 kali.  Menurutnya untuk meraih opini WTP dari BPK, sekaligus penghargaan dari Kemenkeu tidak mudah. Butuh konsistensi, kebersamaan dalam tata kelola keuangan yang baik, serta kesungguhan untuk mengikuti aturan yang berlaku.
“Hasil.kerja keras dan kerjasama tim yang dipimpin Bapak Bupati Banyumas dan jajaran, dalam pengelolaan Keuangan daerah serta dukungan DPRD Banyumas menbuahkan hasil yang berdampak pada kemudahan pelayanan kepada masyarakat,” katanya
Sementara Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Banyumas Eko Prijanto menyampaikan terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Jawa Tengah dan BPKP yang terus bersinergi dalam mendukung pemerintah daerah yang akuntabel dan transparan. Tahun 2020-2021 menurutnya penuh tantangan karena pandemi Covid-19 yang berimplikasi pada keuangan daerah.
"Alhamdulillah, jajaran Pemkab Banyumas mampu mencapai kestabilan keuangan dan mampu mempertahankan opini WTP,” ujarnya.

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andi Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX