Lingkar Banyumas

SD QITA Gelar Dolanan Tradisional Sebagai Implementasi Pelajar Pancasila

Rabu, 21 September 2022 15.04

SD QITA Gelar Dolanan Tradisional Sebagai Implementasi Pelajar Pancasila

Suara Purwokerto - Seperti biasanya, setelah melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS) dan Asesmen Sumatif Bersama (ASB), SD Qaryah Thayyibah Purwokerto (SD QITA) menggelar kegiatan relaksasi pembelajaran. Kali ini, SD QITA menggelar kegiatan bertema Dolanan Tradisional, selama 3 hari, Senin-Rabu (19-21/9) di halaman sekolah, tepatnya di Gg. Kampus, Jl. Desa Beji-Karangsalam, RT 05 RW 02, Karangsalam Kidul, Kecamatan Kedungbanteng.
Permainan yang diusung dalam kegiatan ini berasal dari lokal Banyumas dan Nusantara. Ada 8 permainan, yaitu: congklak, egrang, bakiak, benthik, jengkolan, gobak sodor, lompat tali, dan bentengan. Peserta merupakan kelas 1 hingga kelas 6 yang dibagi menjadi 8 kelompok besar dengan makanan tradisional Banyumas menjadi nama kelompoknya seperti mendoan, gethuk goreng, combro, awug-awug, golang-galing, klanting, klepon, dan soto sokaraja.
Cecep Supriatno, Kepala SD QITA, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kembali permainan-permainan tradisional yang dulu sering dimainkan oleh anak-anak, namun kini sangat jarang terlihat karena tergeser dengan permainan daring.
"Selain itu, kegiatan dolanan tradisional ini juga merupakan bentuk proyek bersama penguatan profil pelajar pancasila sebagai implementasi kurikulum merdeka, terutama di aspek kearifan lokal, berkebhinnekaan global dan bergotong royong ," tambahnya.
Ia menambahkan bahwa konsep yang digunakan adalah format kompetisi antar kelompok. Harapannya, terjalin kerjasama antar siswa di masing-masing kelompok yang anggotanya bercampur (setiap kelas ada). Selain itu, masing-masing kelompok akan termotivasi untuk bisa menyelesaikan permainan dengan baik. 
"Aturannya juga tidak kaku, fleksibel sesuai kemampuan anak. Bahkan, dalam permainan egrang, beberapa anak juga bambunya dipegang temannya saat berjalan. Intinya, semua ceria bahagia dan semangat belajar kembali di termin kedua," pungkasnya. 

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andy Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX