Lingkar Banyumas

Jaga Kondisifitas Wilayah, Banyumas Gelar Apel Sinergitas Kebangsaan

Selasa, 20 September 2022 21:45 WIB

Jaga Kondisifitas Wilayah, Banyumas Gelar Apel Sinergitas Kebangsaan

Suara Purwokerto - Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein didampingi Kapolresta Banyumas Kombes Pol. Suranta Edy Sitepu, Kasrem 071/Wijaya Kusuma Letkol Inf Candra, S.E., M.I.Pol dan Komandan Kodim 0701 Banyumas Letkol Inf Iwan Dwi Prihartono memimpin apel kebangsaan sinergitas antara TNI, Polri dan Pemda Kabupaten Banyumas pada Selasa (20/9/2022) di Alun-alun Purwokerto. Turut hadir Wakil Bupati Banyumas Drs Sadewo Tri Lastiono, Ketua DPRD Kabupaten Banyumas dr Budhi Setiawan, Dandenpom IV/1 Purwokerto Letkol Cpm Drs. Muhammad Yusuf dan jajaran Forkompinda lainya. Apel yang diadakan dalam rangka menjaga kondisifitas wilayah Kabupaten Banyumas ini diikuti oleh kuranglebih 650 orang dengan komandan Apel AKP Sutardiana Kapolsek Karanglewas.
Dalam sambutannya, Bupati Husein menekankan bahwasannya isu dan persoalan yang dapat menimbulkan perpecahannya tidak dapat hanya dilakukan oleh satu golongan, namun perlu adanya kerjasama dari berbagai golongan masyarakat.
“Seluruh golongan masyarakat harus bersatu padu saling bahu membahu untuk mengatasi masalah tersebut. Selain persatuan dan kesatuan. Rasa toleransi juga menjadi kunci utama,” jelasnya.
Husein juga menjelaskan rasa bangganya dengan situasi kamtibmas Banyumas yang secara umum terukur relatif aman dan terkendali, sehingga masyarakat dapat berkativitas dengan nyaman dan aman.
“Hal ini tentunya tidak lepas dari peran TNI Polri serta para tokoh agama dan kesadaran masyarakat untuk menjunjung nilai-nilai toleransi,” ucapnya.
Adapun pasukan yang tergabung adalah korem 071, Denpom, Kodim 0701, Danramil Banyumas, Brimob Purwokerto, Polresta Banyumas, Kapolsek, gabungan Bhabinkamtibmas, Polwan, Lantas, Reskrim, Intelkam, Satpol PP, Dinhub serta tokoh agama dan organisasi masyarakat.
Para peserta apel menyatakan, setia dan menjunjung tinggi tegaknya NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, bersikap moderat dan berperilaku toleran di lingkungan kerja dan masyarakat, siap sedia menjaga bangsa dari pengaruh paham radikal yang bertentangan dengan prinsip-prinsip persatuan Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika dan bersungguh-sungguh merawat kerukunan dan bekerjasama menciptakan kehidupan yang harmoni nyaman dan damai.
Usai apel dilanjutkan dengan pemeriksaan kendaraan dan dilanjutkan dengan konvoi kendaraan oleh peserta Apel dengan rute start Alun alun Purwokerto - Makodim 0701 - jl Bank - Ps Manis - jl Gatot Subroto - jl Ovis Isdiman - GOR Satria - jl Gereja - jl Jendral Sudirman dan kembali di Alun alun Purwokerto

Penulis: Ni Pembayun

Editor: Andy Ismer

Copyright ©2022 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.21.2 | Build ID: qcGjvQDhJWW69CaCs8gPc