Lingkar Banyumas

Pramuka Peduli Bersama Tim SAR Temukan Korban Tanah Longsor

Selasa, 20 September 2022 20:30 WIB

Pramuka Peduli Bersama Tim SAR Temukan Korban Tanah Longsor

Suara Purwokerto - Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas bersama Tim SAR Gabungan berhasil menemukan korban tertimbun longsor gerusan aliran Sungai Pelus, Selasa, 20 September 2022 sekitar pukul 09.00 WIB. Korban teridentifikasi bernama Susilowati (80 tahun) warga RT 04 RW 04 Kelurahan Arcawinangun Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas.
Sekretaris Bidang Abdimas Kwarcab Banyumas Ady Candra mengatakan bahwa Susilowati terjatuh dari kamarnya karena rumahnya mengalami longsor akibat gerusan arus sungai Pelus pada hari Senin, 19 September 2022 pukul 19.30 WIB. Korban terimbun longsoran tepat dialiran Sungai Pelus.
“Karena kondisi malam hujan lebat dan kondisi debit air masih tinggi maka pencarian tidak dilakukan, tim SAR Gabungan melakukan pemantauan dari seberang Sungai di wilayah Desa Dukuhwaluh”, katanya. 
Pencarian kembali dilakukan oleh Tim SAR Gabungan Selasa pagi. Tim terdiri atas KPP (BASARNAS) Cilacap, BPBD Kab. Banyumas, Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas, Tagana, MDMC, Linmas Inti Kabupaten Banyumas, Bagana, IPCI Ngapak Raya, Pramuka Peduli Kwarran Purwokerto Timur, SERI, Polsek Purwokerto Timur, Koramil Purwokerto Utara, dan relawan lain. Mereka  turun ke bawah tebing yang tinggi longsoran sekitar 8 meter. Tim menyebrang sungai dulu untuk mencapai titik bagian bawah tebing. 
"Pukul 09.00 WIB, Susilowati ditemukan dalam kondisi meninggal dunia masih tertimbun tanah dan tertilap kasur tempat tidurnya," jelas Ady Candra 
Evakuasi berjalan dramatis karena posisi korban harus dievakuasi melalui Sungai Pelus berair deras dan kondisi berbatu. Tim SAR Gabungan dapat mengevakuasi jenazah dengan lancar dan aman. 
"Setelah Jenazah diperiksa oleh Puskesmas Purwokerto Timur II dan Polsek Purwokerto Timur, selanjutnya korban dibawa ke pemulasaraan Jenazah Wisma Eka Pralaya Purwokerto," lanjut Ady Candra
Kepala BPBD Kabupaten Banyumas Budi Nugroho mengatakan peristiwa ini mestinya bisa dicegah, karena warga sudah diberikan rumah relokasi di Cilongok. Sehingga diminta warga yang sudah mendapatkan relokasi rumah untuk mengosongkan rumahnya.
Usai pencarian korban relawan membantu memindahkan satu keluarga ke Wisma Kencana Arcawinangun dan enam Keluarga di evakuasi menuju rumah Relokasi di Grumbul Dalawangi Desa Cilongok Kecamatan Cilongok.

Penulis: Yusuf Setyadi

Editor: Andi Ismer

Copyright ©2022 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.21.2 | Build ID: qcGjvQDhJWW69CaCs8gPc