Lingkar Banyumas

Seminar Pendidikan Ma’arif Ajak Guru Bahagiakan Siswa dalam Belajar

Selasa, 20 September 2022 16:33 WIB

Seminar Pendidikan Ma’arif Ajak Guru Bahagiakan Siswa dalam Belajar

Suara Purwokerto - Memperingati Hari Lahir ke-93 Lembaga Pendidikan Ma’arif NU, Pengurus Cabang LP Ma’arif NU Kabupaten Banyumas menggelar seminar nasional dengan tema “Strategi Membangun Pendidikan Ma’arif yang Bermutu dan Membanggakan” di Auditorium UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Sabtu (17/9/2022).
Seminar yang dihadiri oleh seluruh Kepala Madrasah dan Sekolah serta Ketua Badan Pelaksana Penyelenggaraan Pendidikan Ma’arif NU (BPPPMNU) seluruh jenjang se-Kabupaten Banyumas itu sebagai forum untuk penguatan dan pengembangan kelembagaan madrasah dan sekolah Ma’arif.
Ir. Hj. Itasia Dina Sulvianti, M.Si, narasumber seminar nasional mengatakan apabila sebuah lembaga pendidikan ingin bermutu, maka harus menyatukan seluruh komponen strategis sekolah bermutu, yaitu orang tua, siswa, kurikulum, kegiatan belajar mengajar, atmosfir pendidikan, guru, sarana prasarana, keuangan, manajemen perencanaan, dan kerjasama.
Menurutnya, seluruh komponen strategis sekolah bermutu ini harus saling bersinergi dan dijalankan sesuai dengan kondisi realitas sekolah. Selain itu, hal pokok yang dominan adalah faktor guru dalam mengajar dan mendidik siswa. 
“Guru inspiratif menjadi komponen pokok dalam mengelola sebuah lembaga sekolah. Guru menjadi garda terdepan dalam menginspirasi siswa dan mengantarkan suasana belajar menjadi sesuatu yang membahagiakan”, terang Itasia yang juga sebagai Dosen pada Fakultas MIPA IPB tersebut.
Hadir dalam kesempatan ini, Prof. Dr. H. Fauzi, M.Ag, Ketua PC LP Ma’arif NU Kabupaten Banyumas, sebagai pembicara pembuka seminar dan H. Mujiburrohman, SS., M.Pd., Wakil Ketua I LP Ma’arif NU PBNU sebagai narasumber. 

Penulis: Musmuallim

Editor: Andy Ismer

Copyright ©2022 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.21.2 | Build ID: qcGjvQDhJWW69CaCs8gPc