Lingkar Banyumas

NPCI Banyumas Segera Gelar "Festival Paralympic"

Selasa, 16 Agustus 2022 12.10

Beberapa Pengurus NPCI Kabupaten Banyumas saat memberi dukungan Sapto Yogo Purnomo di Asean Paragame di Solo beberapa waktu lalu

Suara Purwokerto - National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kabupaten Banyumas akan menggelar "Festival Paralympic Banyumas". Hal tersebut dilakukan untuk menarik para disabilitas agar menekuni bidang olahraga sehingga dapat berprestasi dalam bidang olahraga. Saat ini, ada altit Banyumas yaitu Sapto Yogo Purnomo yang berhasil menjadi atlet nasional dan sudah meraih prestasi hingga tingkat internasional dalam bidang olah raga atletik cabang lari cepat.
Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas Asis Kusumandani mengaku mendukung penuh adanya "Festival Paralympic Banyumas". Ia berharap para orang tua yang memiliki anak disabilitas agar mengijinkan putra putrinya mengikuti kegiatan ini.
“Anak-anak disabilitas pun bisa berprestasi hingga tingkat dunia, seperti Mas Sapto Yogo Purnomo,” katanya
Asis mengajak orang tua untuk dapat mendampingi putra putrinya dalam berlatih atau menjadi atlit, karena dibalik kekurangan anak mempunyai talenta kusus yang dapat dikembangkan. 
“Sehingga mereka pun bisa menjadi kebanggaan orang tua maupun daerah bahkan negara,” kata Asis
Ketua NPCI Kabupaten Banyumas mengatakan bahwa kegiatann "Festival Paralympic Banyumas" akan digelar pada Bulan September sekaligus memperingati Hari Olah Raga Nasional (Haornas). Wondo menambahkan Saat ini NPCI juga sedang melakukan rektrutmen atlet difabel untuk delapan cabang olahraga sebagai persiapan menghadapi Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Tahun 2022 dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparprov) tahun 2023. Mereka akan diberi kesempatan untuk menjadi atlit atletik, renang, tenis meja, bulu tangkis, boccia, panahan, catur dan goal ball
"Saat ini masih banyak para disabilitas yang cenderung menutup diri. Padahal mereka punya kesempatan untuk berprestasi sebagaimana yang lain," katanya disela-sela Gladi Upacara HUT RI di Alun-alun Selasa (16/8/2021). 
Sementara Wakil Ketua NPCI Kabupaten Banyumas Slamet Yulianto, S.Pd mengatakan "Festival Paralympic Banyumas" rencana akan mempertandingkan 5 cabang olahraga yaitu atletik, bulutangkis, tenis meja, renang dan catur.
Dalam lomba atletik yang akan dipertandingkan yaitu lari 100m, 400m (pa/pi), lompat jauh (pa/pi), lempar lembing dan tolak peluru.
"Sementara untuk bulu tangkis mempertandingkan nomor single (pa/pi), Renang Gaya Bebas 50 meter (pa/pi), Gaya Dada 50 meter (pa/pi), Gaya Punggung 50 meter (pa/pi) dan Gaya Buterfly 50 meter (pa/pi) serta Tenis Meja putra putri dan Catur Putra Putri," lanjut Mame panggilan akrab Slamet Yulianto
Ia meminta dukungan dari berbagai pihak seperti Dinas Pemuda dan Olahraga (Dinporabudpar) dan Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsospermades), Sekolah Luar Biasa, KKG PJOK SD, MGMP PJOK SMP dan MGMP PJOK SMA serta Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Banyumas.
“Selain lembaga tersebut kami juga minta dukungan camat serta kepala desa/kelurahan untuk menginformasikan kepada para disabilitas yang ada di wilayahnya, untuk berpartisipasi pada acara dimaksud. Calon pendaftar bisa menghubungi pengurus NPCI dengan nomor  0823-2698-1775,’ jelasnya.

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andy Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX