Lingkar Banyumas

Kukuhkan Anggota Baru, SMK Diponegoro 3 Kedungbanteng Gelar Perkemahan

Sabtu, 6 Agustus 2022 19.15

Kukuhkan Anggota Baru, SMK Diponegoro 3 Kedungbanteng Gelar Perkemahan

Suara Purwokerto - Dewan Ambalan Fatahillah Dewi Masyithoh pangkalan SMK Diponegoro 3 Kedungbanteng menggelar perkemahan  Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) Jumat-Sabtu 5-6 Agustus 2022 di sekitar sekolah setempat. Kegiatan dibuka oleh pembinanya Suharmo, S.Pd.I dan diikuti sebanyak 280 pramuka penggalang sebagai calon anggota ambalan.
Pradana Ambalan Dewi Masyithoh, Tri Ma'rifatul Khoiriyah mengatakan salah satu kegiatan tradisi bagi calon penegak yang akan menjadi anggota Ambalan Fatahillah Dewi Masyithoh yaitu mengikuti perkemahan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA). Penerimaan Tamu Ambalan merupakan kegiatan bagi calon penegak untuk dapat secara resmi bergabung menjadi anggota ambalan pramuka penegak. Kegiatan PTA untuk memenuhi fase peralihan dari pramuka penggalang menuju Pramuka Penegak serta untuk lebih mengenalkan kegiatan Pramuka di SMK Diponegoro 3 Kedungbanteng ini.
''Dengan diadakannya kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan ini, kami berharap lebih mengenalkan Pramuka Ambalan  Fatahillah – Dewi Masyithoh, kemudian menumbuhkan jiwa kepemimpinan kepada anggota Pramuka di SMK Diponegoro 3 Kedungbanteng serta menanamkan kedisiplinan dan kemandirian yang lebih baik bagi kelas X," kata Riffa panggilan Tri Ma'rifatul Khoeriyah.
Selain itu juga untuk mempererat komunikasi sesama anggota Pramuka, melatih kekompakan antar anggota Pramuka, melatih dan menambah mental anggota Pramuka agar dapat melaksanakan program kerja tahunan. 
"Kegiatan PTA juga bermanfaat membentuk anggota baru menjadi lebih terampil, disiplin, membentuk jiwa tolong menolong dan bekerja sama, menambah minat siswa untuk ikut dalam kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka, terwujudnya Program Kerja Dewan Penegak'', lanjut Riffa.
Sementara ketua sangga kerja atau ketua panitia Muhammad Hirzi Asfa Tafzihan mengatakan para peserta wajib mengikuti serangkaian kegiatan yang dilakukan dengan tujuan melatih sekaligus menerima calon tamu ambalan.
"Jenis Kegiatan yang akan dilaksanakan dalam perkemahan ini adalah, upacara, PBB, pembekalan materi dan pemantapan mental, materi kepramukaan, pengenalan jurnalistik, api unggun dan outdoor games. 
"Adapun Peserta kegiatan Perkemahan ini adalah seluruh calon anggota penegak kelas X sebanyak 280 orang, Dewan Penegak dan Bantara serta didampingi Alumni dan Pembina," jelasnya

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andi Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX