Lingkar Banyumas

Bumdes Banjarsari Wetan Bangun Market Farm, Buka Potensi Pertanian

Jumat, 05 Agustus 2022 05:31 WIB

Bupati Banyumas Achmad Husein bersama Ketua TP PKK Ny Erna Husein saat berkunjung ke Farm Market Banjarsari ke

Suara Purwokerto - Melihat potensi pertanian yang besar, Badan Usaha Milik Desa atau BUMDES Desa Banjarsari Wetan Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas membentuk Farm Market di wilayahnya.
Manager BUMDES Desa Banjarsari Wetan Gilang kepada RRI menjelaskan, BUMDES yang ia kelola memang memaksimalkan potensi yang ada.
Menurutnya, sector pertanian Desa Banjarsari Wetan memang cukup besar. Oleh karenanya, wisata petik buah di Farm Market memang menjadi concern dari pihak pemerintah Desa.
“Tentu karena ini potensi di Desa kami memang besar di pertanian, sehingga kami memilih sector pertanian ini kami pilih” ucapnya.
Market Farm sendiri, berdiri diatas lahan seluar 3,8 Hektar dengan berbagai tanaman. Para pengunjung dapat memetik tanaman jenis melon, starberry, lemon California, dan berbagai buah-buahan lainya.
“Untuk buahnya kami ada strawberry, melon, dan lemon California ini bisa dipetik oleh pengunjung” ucap Gilang.
Selain wisata tanam petik, Di Market Farm sendiri juga terdapat sebuah rumah makan untuk para pengunjung yang berada di tengah-tengah area perkebunan.
“Selain Market Farm, kami juga ada spot makan yang berada ditengah-tengah area perkebunan” imbuh Gilang.
Market Farm sendiri baru dibangun sejak tahun 2021 lalu, dan baru diresmikan pada 6 Februari 2022 silam. Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein tercatat sempat meresmikan BUMDES tersebut

Penulis: Zakiyah Khoirunisa

Editor: Andi Ismer

Berita Terkait

Jumat, 24 September 2021 08:24 WIB

Membangun Peradaban Pertanian

Copyright ©2022 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.21.2 | Build ID: qcGjvQDhJWW69CaCs8gPc