Lingkar Banyumas

Kontingen Jamnas Dari 17 Kwarcab Latihan Bersama di GOR Satria Purwokerto

Minggu, 31 Juli 2022 17:39 WIB

Kontingen Jamnas Dari 17 Kwarcab Latihan Bersama di GOR Satria Purwokerto

Suara Purwokerto - Sebanyak 17 Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka di Kwatir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah calon kontingen Jambore Nasional (Jamnas) XI melakukan latihan gabungan gelar keterampilan dan kesenian, Minggu (31/7/2022) di Lapangan Sepak bola GOR Satria Purwokerto. Kontingen Kwarda Jawa Tengah pada kegiatan Jambore Nasional dan hari Pramuka tingkat nasional tahun 2022, pada tanggal 14 Agustus di Bumi Perkemahan Wiladatika Cibubur Jakarta dipercaya untuk tampil bersama atraksi gelar ketrampilan dan kesenian.
Sekretaris Kwarda Jawa Tengah Ahmad Istajib mengatakan latihan bersama Atraksi Gelar Ketrampilan dan Kesenian Kontingen Daerah Jateng yang akan ditampilkan pada Pembukaan Kegiatan Jambore Nasional dan Hari Pramuka Tingkat Nasional Tahun 2022. Latihan bersama diikuti oleh 17 Kwarcab dari Binwil Banyumas, Pekalongan dan Kedu.
Ke- 17 Kwarcab tersebut adalah Kwarcab Banyumas, Purbalingga, Kebumen, Cilacap, Banjarnegara, Wonosobo, Purworejo, Pemalang, Pekalongan, Batang, Brebes, Tegal Magelang, Temanggung dan Kota Pekalongan, Tegal, serta Magelang. Mereka akan menampilkan empat ketrampilan dan kesenian yang akan ditampilkan oleh Kwarda Jawa Tengah yakni Tari Nusantara, Pionering, Kolone Tongkat dan Semaphore.
“Kegiatan ini TC terakhir Kontingan Kwarda Jawa Tengah, harapannya agar para kontingen dapat menggabungkan gerak, langkah dan kertrampilan, mengingat mereka berasal dari 17 Kwarcab berbeda dan dari sekolah yang berbeda sehingga latihan bersama terakhir ini dapat mematangkan semua gerak yang akan diatampilkan di Arena Jambore Nasional nanti,” kata Istajib
Ada sebanyak 272 orang anggota Pramuka Penggalang mengikuti kegiatan ini semua adalah calon peserta Jambore Nasional. Mereka akan mengikuti latihan mulai hari ini Munggu 31 Juki 2022 hingga Selasa 2 Agustus mendatang. Mereka akan berlatih kekompakan dan kebersamaan pada aneka atraksi.
“Ada beberapa atraksi seperti pionering berupa menara kaki 3 dan kaki 4, jembatan penyebrangan, kapal, drakbar dan tenda. Kemudian, kategori tari meliputi delapan seni tari daerah Jawa Tengah, Jakarta, Bali, Papua, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, Maluku. Serta kategori ketangkasan berupa semaphore, kolone tongkat dan parade umbul umbul,” pungkas Istajib
Ketua Kwarcab Banyumas Agus Nur Hadie yang ikut mendampingi latihan mengaku senang Kwarcab Banyumas menjadi tuan rumah latihan bersama dari 17 Kwarcab di Jawa Tengah.
"Ini tentu menjadi kebanggaan Banyumas menjadi tempat latihan bersama. Hal tersebut tentu merupakan kepercayaan kepada Kwarcab Banyumas baik dari Kwarda maupun Kwarcab lainya, maka kita akan memberikan pelayanan terbaik," katanya

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andi Ismer

Copyright ©2022 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.21.2 | Build ID: qcGjvQDhJWW69CaCs8gPc