Lingkar Banyumas

Semarak Peringatan Hari Anak Nasional di SD Negeri Kalibatur

Rabu, 27 Juli 2022 15:13 WIB

Semarak Peringatan Hari Anak Nasional di SD Negeri Kalibatur

Suara Purwokerto - SD Negeri Kalibatur Desa Pasinggangan Kecamatan Banyumas mengadakan rangkaian kegiatan Peringatan Hari Anak Nasional Senin, 25 Juli 2022. Kegiatan ini diikuti oleh 121 peserta didik dari kelas 1-6 dengan mengikuti rangkaian kegiatan antara lain upacara peringatan Hari Anak Nasional, kelas inspirasi, lomba mewarnai dan menggambar, serta lomba menulis puisi.
Ketua panitia kegiatan yang merupakan Wali Kelas IV (empat), Arif Wahyudi, mengatakan, bahwa rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Anak Nasional bertujuan untuk meningkatkan nasionalisme, kreativitas, menambah wawasan dan motivasi kepada peserta didik di SD Negeri Kalibatur.
"Upacara Peringatan Hari Anak Nasional di SD Negeri Kalibatur dihadiri oleh Bripka. Martiyus Cahyadi, Bhabinkamtibmas Desa Pasinggangan Kecamatan Banyumas, sebagai pembina upacara," kata Arif Wahyudi 
Dalam amanat, Bripka. Martiyus Cahyadi berpesan kepada seluruh peserta didik SD Negeri Kalibatur agar semangat dalam belajar.
“Anak-anak harus lebih semangat belajarnya, walaupun tinggal di daerah gunung, berusahalah jadi anak yang baik dan berprestasi”, tuturnya.
Dalam rangkaian upacara peserta upacara membacakan Suara Anak Banyumas Tahun 2022.
Usai upacara, peserta didik mengikuti “Kelas Inspirasi” bersama Bripka Martiyus Cahyadi. Ia berkenalan lebih dekat dengan anak-anak dan memberikan materi tentang “Tertib Berlalu Lintas”. 
Dalam sesi tanya jawab, ia menjawab pertanyaan bagaimana cara menjadi polisi, serta menceritakan kisah paling berkesan saat bertugas menjadi polisi.
“Kelas Inspirasi sangat mengasyikkan, peserta didik menjadi lebih dekat dan mengenal sosok Bhabinkamtibmas di wilayahya, bertambah wawasan dan motivasinya”, ungkap Suparti, M.Pd selaku kepala SD Negeri Kalibatur.
Usai “Kelas Inspirasi” peserta didik mengikuti rangkaian kegiatan lainnya, yakni lomba mewarnai dan menggambar, serta lomba menulis puisi. Lomba mewarnai ditujukan untuk peserta didik kelas I-III, sedangn lomba menggambar dan menulis puisi ditujukan untuk peserta didik kelas IV-VI. Peserta didik diberi waktu 2 jam untuk menyelesaikan lomba dengan tema “Hari Anak Nasional”. Anak-anak senang sekali, menggambar dan mewarnai secara lesehan di teras-teras kelas dengan diiringi lagu-lagu anak. Hasil menggambar, mewarnai dan puisi selanjutnya akan diseleksi oleh guru kelas untuk menentukan juara 1-3 untuk masing-masing kelas. Wali peserta didik pun turut memberikan apresiasi kepada pihak SD Negeri Kalibatur.
“Peringatan Hari Anak Nasional di SD Negeri Kalibatur bagus sekali, kreativitas anak jadi terasah, anak-anak senang dan dapat wawasan baru”, ungkap Wasiyah, wali murid kelas V.

Penulis: Nur Laeli, S.Pd

Editor: Andi Ismer

Copyright ©2022 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.21.2 | Build ID: qcGjvQDhJWW69CaCs8gPc