Lingkar Banyumas

Pemkab Banyumas Gandeng Grab, Dukung Pemberdayaan UMKM dan Pelayanan Publik

Selasa, 26 Juli 2022 17.17

Pemkab Banyumas Gandeng Grab, Dukung Pemberdayaan UMKM dan Pelayanan Publik

Suara Purwokerto - Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein bersama Grab Indonesia yang diwakili oleh Region Head of West Java & Central Java Yose Tireza Arizal, melakukan penandatanganan kerja sama untuk dukung pelayanan publik dan pemberdayaan UMKM Banyumas (26/07/2022) di Pendopo Sipanji Purwokerto. Lingkup kerja sama ini akan mencakup penguatan dan pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), dan peningkatan pelayanan telemedicine khususnya pengiriman obat dari RSUD Banyumas. 
Sebagai tindak lanjut penandatanganan kerja sama teknis dilakukan oleh Grab Indonesia dengan Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil Mikro (Dinakerkop UKM) Drs Joko Wiyono, M.Si dan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banyumas dr Dani Esti Novia. 
Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husaen sangat mengapresiasi langkah Grab untuk mendukung program Kabupaten Banyumas. Meski demikian Bupati meminta agar secara berkala ada evaluasi agar kerja sama dapat diimplementasikan dengan baik.
“Yang terpenting dari kerja sama ini adalah implementasinya. Dukungan yang diberikan oleh Grab tentunya akan memberikan dampak positif bagi pelayanan di Kabupaten Banyumas. Hal ini diharapkan dapat turut mendukung perkembangan UMKM melalui teknologi dan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan pendukung kesehatan yang praktis melalui web portal pengantaran obat dari RSUD Banyumas,” kata Bupati Husein.
Yose Tireza Arizal, Region Head of West Java & Central Java, Grab Indonesia mengatakan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Banyumas bersama Grab Indonesia meliputi, Program Digitalisasi Ekonomi, penguatan dan pemberdayaan UMKM. Menurutnya Grab dan Pemerintah Kabupaten Banyumas akan melaksanakan berbagai pelatihan untuk memperkuat UMKM agar dapat terus mengembangkan usahanya.
Sementara penggunaan fasilitas Web Portal Grab for Business untuk pelayanan Telemedicine di RSUD Banyumas. Grab dan Pemerintah Kabupaten Banyumas akan melakukan integrasi layanan Telemedicine untuk mempermudah Proses pengantaran obat dari RSUD Banyumas ke Pasien.
“Kami percaya akan peran penting teknologi dalam mendorong pengembangan UMKM dan dalam memudahkan pengadaan layanan publik. Kami berharap kolaborasi yang terjalin dengan Pemerintah Kabupaten Banyumas ini dapat memberikan manfaat digital yang dirasakan secara langsung oleh masyarakat Banyumas,” kata Yose
Yose menambahkan berdasarkan GMV (gross merchandise value) di tahun 2021 untuk layanan pengiriman makanan, mobilitas, dan dompet digital, menurut Euromonitor. Grab mengoperasikan layanan pengantaran, mobilitas, dan keuangan digital di lebih dari 480 kota di delapan negara di Asia Tenggara - Kamboja, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Penulis: Zakiyah Khoirunisa

Editor: Andy Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX