Lingkar Banyumas

LP Ma'arif NU Banyumas Gelar Bimbingan dan Telaah Instrumen Akreditasi

Kamis, 23 Juni 2022 17:11 WIB

LP Ma\'arif NU Banyumas Gelar Bimbingan dan Telaah Instrumen Akreditasi

Suara Purwokerto - Menjelang masa reakreditasi madrasah dan sekolah sasaran tahun 2022, Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Banyumas menggelar bimbingan dan latihan telaah instrumen akreditasi satuan pendidikan (IASP). Bimbingan ini bagian dari upaya untuk memberikan pembekalan dan persiapan menghadapi reakreditasi madrasah dan sekolah dibawah naungan LP Ma’arif NU yang digelar secara tatap muka di Aula Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Bantarsoka, Purwokerto Barat, Kamis, (23/6/2022). 
Wakil Ketua PC LP Ma’arif NU Kabupaten Banyumas, Siti Asiyah, S.Pd.I., M.Pd menyampaikan madrasah dan sekolah sasaran reakreditasi tahun 2022 berjumlah 57 lembaga dengan rincian 38 Madrasah Ibtidaiyah, 12 Madrasah Tsanawiyah, 4 Sekolah Menengah Pertama, 1 Madrasah Aliyah, dan 2 Sekolah Menengah Kejuruan.  Semua lembaga akan mendapatkan informasi dan bimbingan teknis terkait perubahan dan pembenahan IASP pada madrasah dan sekolah.
“Bimbingan dan telaah IASP dilaksanakan untuk membekali kepala, wakil kepala dan guru madrasah dan sekolah dalam memahami struktur instrument akreditasi. Sehingga satuan pendidikan akan lebih siap dan lengkap dalam memenuhi setiap standar yang dipersyaratkan,” terangnya.
Menurutnya, seluruh komponen dalam akreditasi minimal dapat memenuhi standar kelayakan dalam pelayanan pendidikan. Melalui latihan telaah IASP secara kolektif, lanjut Asiyah akan memberikan pemahaman dan penyamaan persepsi dalam memahami setiap komponen akreditasi.
“Melalui telaah IASP ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan penyamaan persepsi dalam menyiapkan instrumen yang dipersyaratkan. Sehingga satuan pendidikan Ma’arif NU akan lebih paham dan mampu memenuhi semua standar dalam akreditas,” pungkas Pengawas Madrasah Ibtidaiyah Kantor Kemenag Kabupaten Banyumas tersebut.

Penulis: Musmuallim

Editor: Andi Ismer

Copyright ©2022 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.21.2 | Build ID: qcGjvQDhJWW69CaCs8gPc