Lingkar Banyumas

Lapas Rutan UPT Pas Se Korwil Banyumas Pamerkan Produk Narapidana

Jumat, 15 April 2022 22:02 WIB

Lapas Rutan UPT Pas Se Korwil Banyumas Pamerkan Produk Narapidana

Suara Purwokerto - Koordinator Wilayah (Korwil) UPT Pemasayarakatan Banyumas menyelengarakan Pameran Karya Warga Binaan Pemasyarakatan bertajuk One Day One Prison’s Product. Kegiatan dilaksanakan Kamis – Jumat (14-15/04/2021) di Halaman Rutan Banyumas mulai pukul 15.00 sampai dengan 21.00 WIB yang diperuntukan untuk masyarakat luas yang ingin membeli produk dari Warga Binaan Pemasyarakatan. Pada kegiatan ini dipamerkan Karya Warga Binaan dari Lapas Kelas IIA Purwokerto, Lapas Narkotika Purwokerto, Bapas Purwokerto, Rutan Banyumas, Rutan Banjarnegara, Rutan Purbalingga, Rupbasan Purwokerto, dan Rupbasan Purbalinga.
Kegiatan dihadiri oleh seluruh Kepala UPT Pemasyarakatan Korwil Banyumas hadir di halaman 
Ignasius Gunadi selaku Ketua Panitia Kegiatan menyampaikan kegiatan ini merupakan event Nasional yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, dalam Rangka Hari Bakti Pemasyarakatan ke 58. Menurutnya memasuki usia ke – 58 di tahun 2022 ini, Pemasyarakatan menjadi institusi penegak hukum yang menjadi salah satu muara Sistem peradilan pidana di Indonesia. Tanpa mengesampingkan berbagai masalah yang ada, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan melalui seluruh Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan berupaya memberikan hidup, kehidupan dan penghidupan bagi pelanggar hukum, melalui kegiatan Pembinaan Kepribadian dan Kemandirian.
“Kegiatan ini merupakan dukungan untuk menjadikan WBP lebih semangat dan produktif” ungkap Kepala Lapas Purwokerto itu.
Ia menambahkan sistem pemasyarakatan diselenggarakan dalam rangka membentuk Warga Binaan Pemasyarakatan agar menjadi manusia seutuhnya, menyadari kesalahan, memperbaiki diri, dan tidak mengulangi tindak pidana sehingga dapat diterima kembali oleh lingkungan masyarakat, dapat aktif berperan dalam pembangunan, dan dapat hidup secara wajar sebagai warga yang baik dan bertanggung jawab.
Reni salah satu pembeli mengungkapkan bangga dan mendukung karya-karya yang dihasilkan oleh Warga Binaan Pemasyarakatan.
“Apalagi namanya napi pasti ingin jadi baik dari yang dulu, kita harus mendukung kegiatan positif seperti ini, hasil karyanya ya kita beli jadinya mereka (WBP) semangat,” ungkapnya.

Penulis: Dwi Waluyo

Editor: Andi Ismer

Copyright ©2022 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.21.2 | Build ID: qcGjvQDhJWW69CaCs8gPc