Lingkar Banyumas

Lomba Gudep Tergiat Kwarcab Banyumas Masuki Babak Akhir

Minggu, 21 November 2021 08.17

Lomba Gudep Tergiat Kwarcab Banyumas Masuki Babak Akhir

Suara Purwokerto - Dalam rangka pembinaan dan peningkatan semangat, kemampuan dan prestasi kerja gugusdepan Gerakan Pramuka, serta sebagai upaya meningkatkan mutu peserta didik, Kwarcab Banyumas menggelar Lomba Gugusdepan (Gudep) Tergiat Tahun 2021. Setelah masing-masing Gudep mengirimkan berkas portofolio, dan dinilai oleh Tim Penilai Tingkat Kwarcab, diperoleh masing-masing 3 Gudep yang mempunyai nilai tertinggi dari tingkatan Gudep SD/MI, SMP/MTs dan SMA/ SMK/MA.
"Kita telah menurunkan Tim untuk melakukan visitasi ke 9 Gudep Tergiat," kata Ketua Kwarcab Achmad Supartono Minggu (21/11/2021).
Adapun Gugusdepan yang berhasil masuk babak final untuk Gubep SD/MI adalah SD Negeri 1 Ledug dan SD Negeri 2 Pliken kedepannya Kwarran Kembaran serta SD Negeri 1 Sudimara Kwarran Cilongok. Sedangkan untuk Gudep SMP/MTs yang masuk tiga besar masing-masing SMPN 1 Sumbang, SMP Negeri 1 Kembaran dan SMP Negeri 4 Purwokerto.
"Serta Gudep SMA/SMK/MA yang masuk 3 besar adalah SMA Negeri 1 Banyumas, SMK Kesehatan Kesatrian 2 dan SMK Ma'arif NU 1 Cilongok," lanjut Partono.
Salah satu Tim Penilai Heri Supriyatno mengatakan penilaian atas keberhasilan Gugusdepan Gerakan Pramuka, dilihat dalam bidang manajemen organisasi, administrasi, sumberdaya manusia, proses diklat, prestasi gudep, pembina, peserta didik, humas dan publikasi, kemitraan, sarana prasarana dan keuangan. Penilaian ada tiga tahap yaitu tahap pertama portofolio, tahap kedua presentasi dan tahap ketiga visitasi untuk pencocokan portofolio dan kondisi lapangan.
"Penilaian tersebut didasarkan atas laporan data dan kegiatan kepramukaan gugusdepan yang sudah diterima dan diversifikasi oleh Bidang Bina Satuan Kwarcab serta atas hasil presentasi dan visitasi Tim Penilai," kata Heri
Dalam penilaian gugusdepan tergiat juga diperhatikan factor-faktor lain, seperti perkembangan keanggotaan, jumlah peserta didik, prakarsa Gudep yang bersangkutan, dan sebagainya.
"Pemenang lomba ini akan mengikuti lomba yang sama ditingkat Kwarda, pada tahun 2022, mendatang," lanjut Heri
Pada tahun 2021 ini Kwarcab Banyumas juga berhasil meraih prestasi untuk Gubep Mantap Tergiat 3 tingkat Kwarda Jawa Tengah yang diraih oleh SMA Negeri Ajibarang.
"Untuk pemenang Lomba Gugusdepan tergiat ini akan diumumkan beberapa hari ke depan, karena besok Senin, baru akan sidang Tim Penilai," pungkas Heri

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andi Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX