Lingkar Banyumas

Bupati Husein Sebut Keberadaan Unsoed Mampu Kurangi Angka Kemiskinan

Selasa, 26 Oktober 2021 14.46

Bupati Husein Sebut Keberadaan Unsoed Mampu Kurangi Angka Kemiskinan

Suara Purwokerto - Bupati Banyumas, Achmad Husein menyebut keberadaan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) di Purwokerto membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut dikatakannya saat menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) II Ikatan Alumni FISIP Unsoed (IKAFU) di Graha Widyatama Unsoed.
Menurutnya Unsoed juga membawa nama baik dan nama besar. Achmad Husein menambahkan keberadaan Unsoed termasuk juga Fisip bisa mengentaskan kemiskinan. Dia lalu membeberkan sedikit data angka kemiskinan Kabupaten Banyumas. Menurutnya angka kemiskinan Kabupaten Banyumas 13,6 persen atau di urutan 9 se-Jawa Tengah termasuk wilayah lainnya yakni Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Brebes. Namun, kata Bupati angka kemiskinan bisa mencapai 13,6 persen karena keberadaan Unsoed. 
"Kalau tidak ada Unsoed angka kemiskinan 15,6 persen. Pengaruhnya besar sekali, ada kos-kosan, UMKM hidup semua. Oleh karena itu keberadaan Unsoed sangat esensial menekan angka kemiskinan dan pengangguran. Semakin besar Unsoed maka semakin banyak menolong masyarakat Banyumas," kata Bupati Banyumas.
Bupati mengajak Rektor Unsoed Prof. Dr. Ir. Suwarto, MS. untuk membesarkan Unsoed sebesar-besarnya dan meningkatkan kualitas Unsoed sebagus-bagusnya sehingga patut dibanggakan dan jadi contoh yang baik.
"Ibadahnya jadi besar, banyak menolong masyarakat Banyumas tak terkecuali buat Fisip Unsoed besarkanlah untuk jadi kebanggaan dan bapak ibu dewa penolong untuk masyarakat Banyumas," kata Bupati.
Panitia Munas Ikafu Bidang Publikasi dan Informasi Nazarudin Latief memaparkan Ikatan Alumni FISIP Unsoed (IKAFU) menggelar musyawarah nasional II dan temu alumni di Graha Widyatama baik secara daring maupun luring.
Kegiatan dihadiri oleh kurang lebih 150 orang dengan protokol kesehatan yang ketat karena masih dalam suasana pandemi. Panitia juga memfasilitasi acara tersebut dilakukan secara daring melalui zoom meeting dan youtube.
Rektor Unsoed Prof. Dr. Ir. Suwarto, MS., menyebut FISIP Unsoed berkembang luar biasa, program S2 dan mutu dosen juga sangat membanggakan. Ikatan alumni merupakan mitra strategis dalam hal ini Fisip Unsoed. Alumni, kata dia, memberikan masukan agar institusi lebih maju ke depan. 
"Alumni Fisip Unsoed menyebar ke seluruh Indonesia. Alumni Fisip Unsoed banyak berkiprah di masyarakat menyumbang kemajuan untuk bangsa," ujarnya.
Prof. Dr. Ir. Suwarto,MS. juga mengaku bangga memiliki alumni-alumni Fisip Unsoed yang terus menuangkan pemikiran untuk kemajuan almamater.
Dekan Fisip Unsoed, Dr. Wahyuningrat mengatakan perhelatan Munas II dan Temu Alumni bukan hanya konsolidasi organisasi tetapi juga mampu memberikan ide-ide kreatif agar mampu beradaptasi dengan era yang terjadi sekarang ini.
"Revolusi 4.0 dan society 5.0 yang bercirikan big data, disrupsi yang ini tidak mudah kalau kita tidak bersatu, tapi kalau kita bersatu dan terus menciptakan ide-ide kreatif dan inovatif InsyaAllah kita akan tetap eksis dan berdiri tegak," kata Dr. Wahyuningrat.
Ketua Panitia Munas II dan Temu Alumni IKAFU Dr. Barid Hardiyanto, MSi yang juga Ketua IKAFU (periode 2021 - 2025) terpilih, mengaku sangat gembira dengan perhelatan tersebut meski dilakukan dalam suasana pandemi Covid-19.
Sebab, kata Barid hampir seluruh angkatan dan jurusan hadir. Dia  juga mengapresiasi donasi yang terkumpul dari para alumni berjumlah Rp 85.850.000. 
"Ini saya kira prestasi yang kita siapkan dan membanggakan. Terima kasih kepada panitia dan seluruh alumni," kata Dr. Barid.
Dalam acara Munas II dan Temu Alumni IKAFU hadir Bupati Banyumas , Achmad Husein, Rektor Unsoed Prof. Dr. Ir. Suwarto, MS., Dekan Fisip Unsoed Dr. Wahyuningrat, Wakapolresta Banyumas AKBP Kristanto Yoga Darmawan, SIK.,M.Si., Ketua Ikafu 2012-2016 Rustriningsih, dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fisip Unsoed, Tri Wuryaningsih

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX