Lingkar Banyumas

Pasukan Tunas Muda Kwarran Sumpiuh Ikuti Lakatpuan

Senin, 25 Oktober 2021 21.59

Pasukan Tunas Muda Kwarran Sumpiuh Ikuti Lakatpuan

Suara Purwokerto - Dewan Kerja Ranting (DKR) Sumpiuh mengadakan Latihan Ketrampilan dan kemampuan (Lakatpuan) bagi anggota Pasukan Tunas Muda (PTM) Kwarran Sumpiuh  Angkatan ke 21. Kegiatan ini mengusung tema "Membentuk Vitalitas Kontemporer Bersama Tunas Muda"
Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari 1 malam Sabtu-Minggu (23-24/10/2021) bertempat di SD Negeri 1 Kuntili. Kegiatan yang dibuka dan ditutup oleh Kak Dwi Rachmawanto selaku Pendiri Unit PTM Kwarran Sumpiuh. 
Ketua pelaksana Amanah Nur Fadilah mengatakan sebanyak 17 peserta mengikuti kegiatan ini yang berasal dari beberapa pangkalan di Kwarran Sumpiuh. 
"Lakatpuan ini diisi berbagai materi salah satunya yaitu penyampaian materi oleh Kak Dwi Rachmawanto yang menyampaikan materi Tentang Keprotokoleran," katanya
Cara penyampaian materi Kak Dwi hanya meminta anggota PTM A-21 untuk menjawab pertanyaan dari kak Dwi seputar Keprotokoleran yang pernah disampaikan dilakatpuan sebelumnya Karena, dilakatpuan sebelumnya pun kak Dwi telah memberikan materi keprotokoleran. 
"Untuk upacara penegak kalau di Ambalan(putra dan putri) seharusnya terpisah(tempat), karena mereka adalah suatu kesatuan yang terpisah, namun tidak dilaksanakan mungkin karena adatnya berbeda." jelas kak Dwi.
Ketua Kwarran Siti Nur Khasanah mengisi materi tentang keorganisasian Pramuka. 
Kak Siti menyampaikan Keuntungan atau manfaat dari Organisasi di Pramuka. Pramuka adalah Organisasi yang berkelanjutan dan komplit (siaga, penggalang, penegak, dan pandega). Pentingnya berorganisasi terasa ketika kalian terjun ke masyarakat. Setiap anak Pramuka akan lebih berani bercakap dari yang bukan anggota Pramuka, fisik yang kuat, mental yang kuat. Lebih supel, mudah diajak ngobrol 
"Anak muda yang bisa berkembang bukan anak muda yang ber IP tinggi tetapi anak muda yang suka berorganisasi," jelasnya

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX