Lingkar Banyumas

Meriahkan Hari Santri, Pagar Nusa Gelar Parade Pencak Silat

Minggu, 24 Oktober 2021 16:08 WIB

Meriahkan Hari Santri, Pagar Nusa Gelar Parade Pencak Silat

Suara Purwokerto - Untuk memeriahkan hari santri 2021, Pimpinan Cabang (PC)  Pagar Nusa Kebupaten Banyumas mengadakan parade pencak silat Nahdlatul Ulama (NU) Jum’at,(22/10/2021) siang.
Acara yang diadakan di Lapangan Pelopor, Purwokerto Lor ini dihadiri oleh berbagai perguruan pencak silat yang tergabung di Pencak Silat NU (PSNU) Pagar Nusa Banyumas.
Antara lain, Keluarga Besar Perguruan Pencak Silat (KBPPS) Asma’ Purwokerto, Perguruan Pencak Silat (PPS) Maruyung, Padepokan Kalimasada, Padepokan Sabda Jati, serta padepokan Taring Mas Wingin Pitu.
Ketua PC Pagar Nusa Banyumas, Paryanto menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi dan penghormatan Pagar Nusa terhadap perjuangan yang telah dilakukan oleh santri.
“Sekaligus menjadi momentum untuk memulai kembali kegiatan bersama setelah sekian lama terhenti karena situasi Pandemi,” katanya.
Pagar Nusa, lanjut Paryanto selalu berkomitmen untuk meneruskan perjuangan para pendahulu melalui pencak silat. Karena, Pagar Nusa dilahirkan oleh para santri dan para Kiai, ada untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan membela Kiai.
“Pagar Nusa ini dilahirkan oleh santri dan kiai, untuk membela dan melindungi kiai serta NKRI,” tegas Paryanto.
Kegiatan tersebut diawali dengan pembacaan Tahlil dan doa bersama santri satu nusa, sedangkan prade diisi dengan penampilan  berbagai macam atraksi pencak silat oleh pendekar perguruan yang hadir saat itu.

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andy Ist Merdeka

Copyright ©2021 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.20.1 | Build ID: zxM9ndV3oXb1kDK9zvugk