Lingkar Banyumas

Meriahkan Hari Santri, Sakoma Ajibarang Gelar Orientasi Mabigus dan Pembina Pramuka

Sabtu, 23 Oktober 2021 09.24

Meriahkan Hari Santri, Sakoma Ajibarang Gelar Orientasi Mabigus dan Pembina Pramuka

Suara Purwokerto - Komunitas (Sako) Pramuka Ma’arif Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas Jawa Tengah mengadakan orientasi bagi mabigus atau kepala madrasah dan pembina pramuka NU.
Kegiatan ini digelar bersamaan dengan peringatan hari santri 2021 selama dua hari Kamis-Jum’at, (21-22/10/2021) di SMA Ma’arif NU Ajibarang, diikuti oleh 37 peserta dari berbagai pangkalan Sakoma se-Kecamatan Ajibarang,
Budi Arif, ketua panitia kegiatan mengatakan, pembina dan mabigus memegang peran sangat penting untuk mengajarkan pramuka berbasis Aswaja An-Nahdilyah di tiap-tiap pangkalan, karena,
“Pembina dan mabigus lah yang paling dekat dengan peserta didik atau anggota pramuka di masing-masing pangkalan Skoma,” katanya.
Arif, sapaan akrabnya menambahkan jika kegiatan ini bertujuan untuk menambah ghiroh kepramukaan bagi mabigus dan pembina pramuka, selain itu juga untuk menambah pengetahuan tentang kepramukaan.
“Menambah Ghiroh kepramukaan dan pendalaman materi kepramukaan bagi pembina dan mabigus, ” lanjut Guru MI Ma’arif Banjarsari itu.
Kordinator Sakoma Ajibarang, Putut Aji Santosa menjelaskan materi yang disampaikan pada orientasi ini antara lain Fundamental Gerakan Pramuka, Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan.
Putut berharap, setelah acara orientasi ini para pembina pramuka di masing-masing pangkalan menjadi semakin aktif dalam melatih anak didiknya atau anggota pramukanya.
“Contohnya, mengadakan pelatihan rutin kepramukaan baik secara teori dan praktik,” pungkasnya

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX