Lingkar Banyumas

Mabigus dan Pembina Kunci Kemajuan Pramuka NU

Sabtu, 23 Oktober 2021 09.21

Mabigus dan Pembina Kunci Kemajuan Pramuka NU

Suara Purwokerto - Majlis Pembina Gugus Depan (Mabigus) dan Pembina Pramuka memegang peran penting untuk kemajuan pramuka NU dimasing-masing pangkalan, karena merekalah yang bersentuhan langsung dengan anak didik atau anggota pramuka.
Demikian disampaikan Putut Aji Santosa, Kordinator Satuan Komunitas Pramuka Ma’arif (Sakoma) NU Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas, Kamis, (21/10/2021) malam.
“Peran mabigus dan pembina sangat vital untuk kemajuan pramuka NU kedepannya,” katanya di sela-sela kegiatan Orientasi Mabigus dan Pembina Pramuka NU di SMA Ma’arif NU Ajibarang.
Pria yang akrab disapa Putut ini menjelaskan, salah satu peran mabigus dan pembina pramuka adalah memberi pendampingan dan pelatihan secara rutin kepada anak didik.
Selain itu juga berperan dalam proses pengembangan mental dan karakter kepramukaan yang berbasis Ahlussunnah wal Jamaah An Nahdilyah. Itu yang membedakan pramuka NU dan yang lain.
“Milasnya membrikan pelatihan rutin setiap Minggu dalam kegiatan ekstra Pramuka, menanamkan nilai-nilai Aswaja An Nahdilyah pada setiap anggota gerakan pramuka NU,” terang Guru MI Ma’arif NU Pandansari itu.
Kegiatan orientasi mabigus dan pembina pramuka yang diadakan selama dua hari itu bertujuan untuk membangkitkan Ghiroh kepramukaan dan memberikan pendalaman materi kepramukaan dan ke NU an.
“Selain itu juga untuk memeriahkan hari santri, 22 Oktober 2021,” kata Budi Arif, ketua panitia kegiatan.
Arif, begitu ia akrab disapa menjelaskan pendalaman materi dalam orientasi ini meliputi Fundamental Gerakan Pramuka, Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan, Ragam Ketrampilan Kepramukaan serta Sarat Kecakapan Khusus, Sarat Kecakapan Umum dan Sarat Pramuka Garuda.
“Mabigus dan pembina pramuka harus paham dan menguasi materi itu,” tegas Guru MI Ma’arif NU Banjarsari itu

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX