Lingkar Banyumas

Meski Kasus Covid-19 Menurun, Relawan Karangnangka Pantau Prokes di Masyarakat

Jumat, 22 Oktober 2021 16.55

Meski Kasus Covid-19 Menurun, Relawan Karangnangka Pantau Prokes di Masyarakat

Suara Purwokerto - Kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami penurunan, termasuk di Desa Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas, Relawan Lawan Covid-19 desa setempat tetap lakukan pantauan terhadap kegiatan masyarakat. Relawan yang sudah terbentuk sejak adanya Covid 19, mencapai 75 orang. 
Kordinator Relawan Lawan Covid-19 Desa Karangnangka Wasis Wardana mengatakan sejak September – Oktober 2021, tidak ada lagi temuan kasus baru Covid-19 , termasuk adanya warga yang isoman. Padahal sebelumnya tercatat ratusan orang di Desa ini, dinyatakan positif Covid-19 selama pandemi berlangsung. Sehingga relawan Lawan Covid-19 Desa Karangnangka yang kebanyakan adalah ibu- ibu, yang sebelumnya bertugas memantau, membantu, mengantar ke Puskesmas, atau rumah sakit dan mendistribusikan makanan bagi warga yang sedang isoman. 
"Saat ini dialihkan untuk terus mensosialisasikan Prokes pencegahaan Covid-19. Termasuk memantau bagi warga yang sedang mengelar hajatan, untuk diingatkan Prokes pencegahaan Covid-19," katanya Jumat (22/10/2021).
Wasis menjelaskan, puluhan relawan dan Pemerintah Desa Karangnangka, saat ini sedang mengejar target sebagai Desa Sehat.
“Untuk Covid-19 kesadaran sudah terbentuk, masyarakat juga sudah paham sistmenya. Jadi ketika mereka ada gejala nga perlu tim yang nanya, bahkan mereka yang lapor,” kata Wasis.
Relawan Lawan Covid-19 di Desa Karangnangka bisa jadi yang pertama di Banyumas, sebab pada pertengahan Maret 2020, kondisi desa tersebut cukup mencekam karena adanya warga asli Karangnangka meningal dunia akibat Covid-19 di Jakarta. Kemudian dimakamkan di Karangnangka, bahkan warga yang kontak dengan jenazah diisolasi dan rumahnya di jaga oleh aparat keamanan.
"Setelah itu, muncul ide, masyarakat harus tahu tentang Covid-19 dan mengatasinya. Kemudian membentuk relawan, yang bertugas , mensosialisakan Prokes, meluruskan hoax serta memantau kesehatan warga," pungkasnya.

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX