Lingkar Banyumas

Binda Jateng Gelar Vaksinasi di Berbagai Tempat

Selasa, 19 Oktober 2021 15:48 WIB

Binda Jateng Gelar Vaksinasi di Berbagai Tempat

Suara Purwokerto - Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Jateng bekerjasama dengan Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah dan Dinkes Kab Banyumas,  menyelenggarakan vaksinasi massal Pelajar, Santri dan Masyarakat secara door to door. Vaksinasi ini, merupakan bentuk komitmen BIN dalam mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan program vaksinasi untuk mencapai kekebalan komunal / herd immunity pada akhir 2021. 
Sebanyak 6.500 dosis vaksin jenis Sinovac disiapkan oleh Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Jateng pada Selasa 19 Oktober 2021 untuk pelaksanaan vaksinasi di  5 (lima) lokasi. Vaksinasi pelajar santri dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Zam Zam Cilongok dan SMPN 3 Kebasen, sementara vaksinasi masyarakat secara door to door yang dilaksanakan di Desa Tinggarjaya Kec Jatilawang, Desa Banteran Kec Wangon dan Desa Wangon Kec Wangon. Dalam pelaksanaan vaksinasi, BIN tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, sehingga tidak menjadi cluster penyebaran baru.
Seorang perwakilan pelajar/santri putri dari Kelas 8 SMP Muhammadiyah Zam-Zam Cilongok, meyampaikan terima kasih kepada presiden RI dan Kepala BIN atas terseleggaranya vaksinasi. Harapannya pelaksanaan vaksinasi, dapat dilaksanakan dari ujung barat hingga ujung timur indonesia, sehingga dapat mencegah dampak buruk dari Covid19. 
Pandemi ini sangat berbekas dan menimbulkan kesedihan tersendiri baginya karena seorang anggota keluarganya harus meninggal dunia karena covid-19, sementara keluarga tidak diperkenankan untuk mengantar hingga peristirahatannya yang terakhir.
Sementara perwakilan Pelajar Putra, Muhammad Nofran Yuanda menyampaikan harapannya dari adanya program vaksinasi, yaitu program Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dapat segera dilaksanakan kembali.
“Kami juga merasa yakin dan tidak was was setelah divaksin,” katanya
Selama ini pembelajaran secara daring menyulitkan siswa untuk memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
Demikian juga segenap pengajar, juga berharap adanya vaksinasi ini dapat menjaga guru, kyai dan pelajar untuk tetap dapat beraktivitas melakukan pembelajaran. 
Vaksinasi terhadap pelajar santri merupakan upaya bersama kita dalam mewujudkan generasi bangsa yang sehat dan hebat, sesuai dengan slogan program kita “INDONESIA SEHAT INDONESIA HEBAT”.
Sementara program vaksinasi door to door,  merupakan terobosan yang dilakukan oleh Kepala BIN Bapak Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si. dalam upaya memudahkan masyarakat mengakses vaksin. Dengan vaksinasi door to door, maka potensi kerumunan di pusat-pusat vaksinasi dapat diminimalisir sehingga lebih aman dari kerumunan, disamping sistem door to door  juga terbukti mampu meningkatkan partisipasi masyarakat mengikuti vaksinasi.
Vaksinasi Covid-19 ini merupakan akselerasi program vaksinasi tiga juta dosis perhari dari pemerintah, sehingga target Herd Immunity atau kekebalan kelompok tercapai pada akhir 2021. Harapannya herd immunity dapat segera terwujud, dan aktivitas perekonomian dapat kembali pulih.  Meskipun Pelajar, Santri dan Masyarakat telah melaksanakan vaksinasi, pihak penyelenggara dalam hal ini Badan Intelijen Daerah (BINDA) Jateng tetap mengharapkan kepada pelajar santri dan masyarakat, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, utamanya memakai masker dan rajin mencuci tangan ketika beraktivitas.

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andy Ist Merdeka

Copyright ©2021 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.20.1 | Build ID: zxM9ndV3oXb1kDK9zvugk