Lingkar Banyumas

TMMD Kodim 0701 Banyumas Berhasil Bangun Jalan Tembus Dawuhan-Binangun

Kamis, 14 Oktober 2021 15:56 WIB

TMMD Kodim 0701 Banyumas Berhasil Bangun Jalan Tembus Dawuhan-Binangun

Suara Purwokerto - Kodim 0701 Banyumas bersama bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas berhasil menggelar program TNI Manunggal Membangun Desa Membangun (TMMD) Sengkuyung Tahap III di Kabupaten Banyumas, dengan berhasil membangun jalan tembus dari Desa Dawuhan ke Desa Binangun, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas.
Penutupan kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap III dilakukan oleh Komandan Kodim 0701 Banyumas, Letkol Inf Chandra ditandai dengan penyerahan hasil pembangunan kepada Bupati Banyumas, Achmad Husein, yang dilanjutkan dengan pemukulan kentongan oleh Muspida di Pendapa Si Panji Purwokerto, Kamis (14/10).
“Pelaksanaan TMMD Sengkuyung III ini, dilaksanakan selama 30 hari terhitung mulai dari tanggal 15 September hingga 14 Oktober 2021 dengan jumlah personil 124 orang dan tetap mematuhi protokol kesehatan," katanya
Terdapat sasaran fisik dan nonfisik yang telah dilaksanakan. Kegiatan fisik TMMD ini terealisasi 100% yaitu berhasil membangun rabat beton dengan Panjang 1756 meter dan lebar 3 meter, membangun jembatan, membangun talud serta membangun RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) Sebanyak 4 Unit yakni 2 unit dari Baznas dan 2 Unit dari Kodim Banyumas. Sementara kegiatan non fisik yaitu telah melaksanakan kegiatan penyuluhan dan sosialisasi dari TNI, Polri, Pemerintah Kabupaten Banyumas, Organisasi Wanita, dan Baznas sesuai dengan jadwal yang telah dibuat oleh Dinkominfo selaku Koordinator.
“Dalam kegiatan ini, kami melihat antusias masyarakat Dawuhan dan juga masyarakat Binangun yang berada disitu cukup baik. Ini menandakan bahwa memang masyarakat itu sangat mengharapkan kegiatan ini dalam rangka meningkatkan perekonomiannya karena jalur yang kita buat ini menghubungkan dua desa kemudian digunakan juga untuk mengangkut hasil ladang dari petani,” lanjut Dandim 
Ia menambahkan tidak banyak hambatan dalam melaksanakan kegiatan TMMD ini hanya saja terkait dengan kegiatan fisik adalah cuaca karena diawal - awal cuaca hujan cukup tinggi. Sehingga di minggu pertama itu dalam mengangkut material yang dibutuhkan cukup kesulitan.
"Alhamdulillah kita mengerjakan tidak hanya paruh waktu tetapi kita kejar tayang sampai malam.” Tambah Dandim 
Dengan mengusung tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri”, Letkol Inf Chandra berharap semoga dengan adanya ini dapat terus dimanfaatkan dengan baik dan dapat dipelihara saat ini sebagai bagian dari upaya desa untuk lebih mengembangkan potensi wilayah. 
Bupati Banyumas Achmad Husein mengaku senang dengan hasil yang dikerjakan oleh TMMD, karena dapat membuka jalan desa, biaya dan beaya dan waktu dapat ditekan.
"Kegiatan TMMD selalu maksimal, maka kita suport, karena hasilnya bagus, apalagi ini membuka akses jalan," katanya

Penulis: Bernadetha Nadia Deni Ananda

Editor: Andi Ismer

Copyright ©2021 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.20.1 | Build ID: zxM9ndV3oXb1kDK9zvugk