Lingkar Banyumas

Bupati Banyumas Undang 50 Pemuda Berlatih Budidaya Porang

Selasa, 12 Oktober 2021 20:37 WIB

Bupati Banyumas Undang 50 Pemuda Berlatih Budidaya Porang

Suara Purwokerto - PORANG MERUPAKAN JENIS UMBI-UMBIAN YANG BISA DIKONSUMSI. PORANG YANG DAHULUNYA TERABAIKAN TERNYATA MEMILIKI POTENSI EKONOMI TINGGI KARENA SAAT INI SUDAH DIEKSPOR KE BERBAGAI NEGARA, SEPERTI CINA DAN JEPANG.
Bupati Banyumas Ir Achmad Husein mengundang sedikitnya 50 pemuda dari berbagai kecamatan di Banyumas, untuk mengikuti pelatihan Budi Daya Porang yang digelar Senin di Pendopo Sipanji Purwokerto. Pada pelatihan ini Tommy Sutomo Praktisi Porang dari Semarang memberikan materi pelatihan tentang perbenihan porang, budidaya porang, dan peluang bisnis porang. 
Untuk lebih memahami tentang proses perbenihan porang baik secara konvensional dan melalui teknologi pertanian, peserta diperkenalkan tata cara membuat media dan menanam benih porang dengan teknologi kultur jaringan yaitu dengan sterilisasi dan inisiasi. 
Menurut Sutomo Porang saat ini menjadi komoditas yang cukup sexy, karena permintaan dari pasar ekspor sangat banyak sehingga potensi untuk terus dikembangkan, mengingat budidayanya juga cukup mudah dan tahan naungan, dan secara iklim porang bisa tumbuh baik di beberapa kecamatan di Kabupaten Banyumas. 
Usai pelatihan pelatihan ini para peserta dimina untuk membuat kelompok atau grup WA agar bisa saling berkomunikasi dan  menjadai ajang komunikasi untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi porang setelah belajar budidaya porang di Pendopo ini
Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas Jaka Budi Santoso mengatakan pelatihan kali ini menekanan cara pembibitan dengan fito hormon karena selama ini para petani ketajutan kalo ingin budidaya porang membutuhkan modal yang besar modal terutama dari bibitnya 
Sememtara Dwi Nurochman salah satu peserta dari Pabuaran Purwokerto utara mengaku senang dapat berkumpul dengan pembudidaya porang. Ia berharap dengan pelatihan ini akan meningkatkan pendapatan para petani.

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andy Ist Merdeka

Copyright ©2021 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.20.1 | Build ID: zxM9ndV3oXb1kDK9zvugk