Lingkar Banyumas

Dekranasda Banyumas Gelar Peringatan Hari Batik

Selasa, 12 Oktober 2021 20:25 WIB

Dekranasda Banyumas Gelar Peringatan Hari Batik

Suara Purwokerto - Dekranasda Kabupaten Banyumas menyelenggarakan peringatan Hari
Batik Nasional Tahun 2021 Tingkat Kabupaten secara daring dan luring di Smart Room Graha Satria Purwokerto, Senin (11/10/2021). Kegiatan kali ini diisi dengan sosialisasi tentang KUR dan Rumah BUMN bekerja sama dengan BRI Purwokerto
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Banyumas, Ny Erna Husein memimpin upacara peringatan Hari Batik Nasional 2021 Tingkat Kabupaten Banyumas yang digelar secara dari dan luring. Kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.
Hadir dalam kegiatan ini istri Wakil Bupati Banyumas, Ny Nuraeni Sadewo Tri Lastiono, istri Sekretaris Daerah Kabupaten Banyumas Ny Rahayu Wahyu Budi Saptono, Kepala Dinperindag Kabupaten Banyumas, Kepala Dinnakerkop UKM Banyumas, Kepala Dinporabudpar Banyumas dan jajaran Pemkab lainnya. Acara juga dihadiri oleh Pimpinan Bank, Pengrajin Batik dan tamu undangan lainnya.
Sosialisasi terus dilakukan untuk menumbuhkan kreativitas dan kualitas produk kerajinan batik seakligus dalam rangka meningkatkan kecintaan dan kebanggaan terhadap batik sebagai Budaya Indonesia. 
Ny Erna Husein juga berharap sosialisasi akan membangkitkan pembatik agar kecamatan-kecamatan mempunyai cirikas masing-masing, dengan memberikan bantuan modal melalui perbangkan dengan bungan yang sangat renadak. Karena perajin batik tersebar di berbagai tempat seperti Sokaraja, Paringan Banyumas, Kemranjen, Baturraden dan lain sebagainya. Diharapkan dari para mereka mempunyai produk-produk khusus untuk mendukung pariwisata.
Ny Erna Husein menambahkan, upaya pembinaan bagi perajin batik secara berkelanjutan  akan terus difasilitasi bersama pihak terkait termasuk BI dan BRI. Diharapkan upaya tersebut dapat menginpirasi dan meningkatkan motivasi para perajin batik untuk terus mengembangkan kreatifitas dan kualitas produknya sehingga selain meningkatkan daya saing, juga dapat menjadi salah satu penunjang pengembangan ekonomi kreatif didaerah.

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andy Ismer

Copyright ©2021 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.20.1 | Build ID: zxM9ndV3oXb1kDK9zvugk