Lingkar Banyumas

SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang Segera Lakukan Pembelajaran Tatap Muka

Jumat, 08 Oktober 2021 16:59 WIB

SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang Segera Lakukan Pembelajaran Tatap Muka

Suara Purwokerto - Kesiapan Pembelajaran Tatap Muka di SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang, ditinjau oleh Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Banyumas, Jum’at (8/10/2021). Gugus Tugas Covid 19 didampingi Forkompincam Ajibarang meninjau kesiapan penyelenggaraan PTM di SMK Ma’arif NU 1 dan 2 Ajibarang dan sekolah lain yang ada di wilayah Kecamatan Ajibarang.
"Kebijakan ini bukan semata-mata tumbuh dari pemerintah, tapi dari siswa itu sendiri yang menginginkan sekolah tatap muka. Sudah satu tahun belakangan sekolah secara daring dilakukan akibat pandemi Covid-19, serta pengusulan penambahan sekolah tatap muka  dari Cabang Dinas wilayah X Jawa Tengah" kata Basuki Rahmat S,KM Ketua Tim peninjau kabupaten Banyumas. 
Kendati demikian, pelaksanaan PTM tersebut juga harus dilakukan dengan protokol kesehatan (prokes) ketat sehingga penyebaran wabah Covid-19 dapat diminimalisir. 
"Setelah berkeliling di setiap sudut SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang, banyak sarana prasarana yang sudah memenuhi persyaratan dan ada beberapa yang perlu dibenahi dan di sempurnakan," terangnya.
Dia mengajak agar siswa siswi juga berperan dalam memberikan edukasi kepada masyarakat terkait prokes ini. 
"Prokes ini demi kebaikan bersama. Siswa siswi juga harus jadi pahlawan dalam menekan kasus Covid-19 ini. Salah satunya saling mengingatkan soal prokes ini," ujarnya. 
Menurutnya, sebelum PTM salah satu syarat yang harus dipenuhi sekolah yaitu memnuhi segala aspek baik sarana prasarana dan penujang lainnya. 
"Forkompincam Ajibarang di wakili Camat Ajibarang Parsono menyampaikab harapan agar sekolah yang ada di wilayah Ajibarang terutama yang sudah di tinjau untuk bisa mendapat persetujuan dan ijin untuk penyelenggaraan PTM dan kepada sekolah yang diberikan catatan dari tim peninjau Kabupaten untuk segera di perbaiki dan disempurnakan," tuturnya. 
Kesiapan sekolah juga ditunjukkan oleh tenaga pendidik sebelum melaksanakan, rata-rata mereka sudah melakukan vaksinasi. 
"Kita juga sedang menyiapkan vaksinasi khusus bagi siswa siswi diwilayah Ajibarang," tambahnya. 
Bingkai sekolah tatap muka ini sudah dibuat dengan mengatur mekanismenya. Tinggal sekolah itu sendiri yang mengatur bagaimana pelaksanaannya baik jarak antar siswa, lama kegiatan belajar, dan presentase banyaknya siswa yang diperbolehkan untuk sekolah tatap muka ini.
"Prinsipnya, PTM ini sudah kita akomodir. Pelaksaannya sendiri tergantung kesiapan sekolah," imbuhnya. 
Zaenudin,S.Pd,M.Si selaku kepala SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang berharap, melalui PTM tersebut siswa siswi dapat kembali maksimal dalam belajar. "Mudah-mudahan anak didik kita tidak ketinggalan ilmu pengetahuan sehingga dapat terus bersaing. Untuk perguruan tinggi juga kita himbau segera persiapkan PTM ini," paparnya. 
Siswa siswi yang akan mengikuti mata pelajaran diwajibkan untuk mencuci tangan, mengenakan masker dan duduk dengan jarak yang telah ditentukan," pungkasnya.
Turut mendampingi, unsur Dinas Kesehatan Banyumas, Tim Satgas Covid-19 Banyumas, Jajaran Forkompinkec Ajibarang, Pengurus YPP Ma’arif NU Ajibarang serta Kepala Desa

Penulis: Agus Waluyo, S.Pd, M.Pd

Editor: Andy Ist Merdeka

Copyright ©2021 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.20.1 | Build ID: zxM9ndV3oXb1kDK9zvugk