Lingkar Banyumas

Sako Ma’arif Banyumas Tanam Pohon Kopi Robusta

Rabu, 06 Oktober 2021 05:20 WIB

Sako Ma’arif Banyumas Tanam Pohon Kopi Robusta

Suara Purwokerto - Majelis Pembimbing dan Pengurus Satuan Komunitas Pramuka Ma’arif NU Banyumas melakukan penanaman kopi robusta Selasa (5/10) di sekitar Tempat Wisata Grojogan Ratu Baturraden. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan Sako Ma'arif yang memiliki program tanam 1000 pohon yang dilakukan secara bertahap. 
Ketua Sako Pramuka Ma’arif NU Banyumas, Musmuallim menjelaskan aksi bakti tanam ini untuk meneruskan program tanam 1000 pohon dimana setiap kegiatan disisipi giat tanam pohon, salah satunya pada Kursus Orientasi Singkat bagi pengurus.
"Pohon yang ditanam jenis bibit pohon kopi robusta. Ditanam disekitar area Grojogan Ratu Baturraden sebagai bagian dari sikap peduli terhadap lingkungan hidup dan budidaya tanaman kopi," katanya
Menurutnya, tujuan kegiatan penanaman pohon kopi ini untuk menjadi keteladanan serta memberikan edukasi cinta alam kepada peserta didik dan membekali generasi muda untuk cinta lingkungan dan kemauan untuk merawatnya.
“Sako Ma’arif Banyumas berkeinginan memanfaatkan setiap momentum untuk berbakti kepada lingkungan dengan tema "Berbakti Tanpa Henti,” dengan aksi berbakti berkontribusi kepada sesama, terutama dibidang lingkungan hidup," lanjutnya
Melalui aksi ini diharapkan anggota Sako Ma’arif dapat memetik makna siapa menanam akan menuai, sekaligus ajakan kepada anak didik dan masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan sekitarnya, salah satunya dengan menanam pohon.
Ketua Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Banyumas selaku Ketua Majelis Pembimbing Sako Prof. Dr. Fauzi, M.Ag mendukung kegiatan Sako Ma’arif dibidang lingkungan hidup ini. Momentum Kursus Orientasi Singkat pengurus disisipi dengan kegiatan konservasi alam, melalui penanaman pohon.
“Kegiatan bakti lingkungan sebagai wujud Dasa Darma yang kedua, cinta alam dan kasih sayang sesama manusia. Pramuka selain mendidik karakter juga berperan mengembangkan sikap peduli terhadap lingkungan sekitarnya,” jelasnya.

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andy Ismer

Copyright ©2021 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.20.1 | Build ID: zxM9ndV3oXb1kDK9zvugk