Lingkar Banyumas

Sentra Vaksinasi Unsoed Kembali Salurkan 10.000 Dosis Vaksin

Selasa, 28 September 2021 21:49 WIB

Sentra Vaksinasi Unsoed Kembali Salurkan 10.000 Dosis Vaksin

Suara Purwokerto - Sentra Vaksinasi Unsoed Kembali menyalurkan sebanyak 10.000 dosis vaksin jenis Sinovac Untuk Masyarakat Umum. Upaya vaksinasi sendiri terus digencarkan pemerintah guna menangani pandemi Covid-19 yang hingga kini masih melanda.
“Saat vaksinasi dimulai, virusnya sudah jauh menyebar ke seluruh penjuru dunia, berevolusi, dan bermutasi menjadi sekian banyak varian. Mutasi virus berlangsung terus menerus dan merupakan siklus alamiah virus,” ungkap Koordinator Sistem Informasi Unsoed Ir.Alief Einstein, M.Hum.
Selanjutnya Einstein mengatakan tidak ada pandemi yang selesai dalam waktu singkat. Hingga kini belum ada negara capaian pandeminya yang stabil, masih labil dan bisa berubah. Untuk itu dia menilai belum saatnya mengendurkan protokol kesehatan. Program 3 M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak/menghindari kerumunan), 3 T (test, trace, treat), menjaga kebugaran tubuh, dan cakupan vaksinasi massal harus terus digenjot.
Ketua Tim Pendampingan Adaptasi Kebiasaan Baru Satgas Covid-19 Unsoed Dr.dr. Dody Novrial, M.Si. Med,Sp.PA. mengatakan upaya percepatan cakupan vaksinasi Covid-19 terus digencarkan oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas dengan menggandeng Perguruan Tinggi, Rumah Sakit, TNI/ Polri, dan kelompok masyarakat lainnya.
Salah satu tempat pelayanan vaksinasi yang mampu menampung banyak akseptor yakni Sentra Vaksinasi Unsoed yang berlokasi di Auditorium Graha Widyatama.
Hingga hari Sabtu (25 September 2021), sebanyak 19.166 dosis vaksin sinovac dosis pertama telah disalurkan di Sentra vaksinasi Unsoed yang terbagi dalam 10 Batch.
Ketua panitia penyelenggara Dr.dr.M.Rifqy Setyanto,Sp.M(K) menyampaikan dari 20.000 dosis pertama yang telah disiapkan, 96% telah berhasil disuntikkan.
“Terdapat sekitar 4% pengunjung yang belum dapat divaksinasi karena tidak lolos skrining medik” ujarnya.
Melihat animo masyarakat yang masih cukup tinggi untuk mendapatkan vaksinasi, Sentra Vaksinasi Unsoed membuka kembali pelayanan dosis 1 pada tanggal 27 sampai 30 September 2021

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andy Ismer

Copyright ©2021 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.20.1 | Build ID: zxM9ndV3oXb1kDK9zvugk