Lingkar Banyumas

Beberapa Perjalanan Kereta Api Yang Melintas di Daop 5 Purwokerto Mengalami Percepatan Waktu Tempuh

Selasa, 28 September 2021 19.23

Beberapa Perjalanan Kereta Api Yang Melintas di Daop 5 Purwokerto Mengalami Percepatan Waktu Tempuh

Suara Purwokerto - Mengusung tema "Melayani lebih cepat dan lebih baik" untuk Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 KAI, Daop 5 Purwokerto menggelar beberapa rangkaian kegiatan.
Vice President Daop 5 Purwokerto Daniel Johanes Hutabarat  menjelaskan, dalam tema HUT KAI ke-76 itu, terdapat semangat dan optimisme, bahwa KAI akan lebih baik lagi daripada masa sebelum menghadapi pandemi.
“Ekspektasi masyarakat terhadap kereta api itu sangat tinggi sekali sehingga inovasi harus terus dilakukan,” ujar Daniel.
Salah satu inovasi tersebut yaitu peningkatan kecepatan waktu tempuh layanan pada 14 rute kereta mulai 24 September 2021. Peluncuran layanan itu, bersamaan dengan peluncuran layanan WiFi dan live cooking di kereta.
Daniel mengatakan percepatan waktu tempuh ini bisa dilakukan karena ditunjang infrastruktur yang baik oleh pemerintah, terutama di jalur selatan.
"Karena sarana dan prasarana lebih baik, sudah banyak double track sehingga dapat mempercepat perjalanan kereta. KAI ingin bergerak lebih cepat dalam melayani masyarakat dengan kualitas yang lebih baik. KAI terus melakukan berbagai inovasi sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan," kata Daniel.
Beberapa perjalanan KA yang melintas di Daop 5 Purwokerto mengalami percepatan waktu tempuh yaitu KA Argo Wilis (Bandung-Surabaya Gubeng pp), Argo Lawu (Gambir-Solo Balapan pp), Argo Dwipangga (Gambir-Solo Balapan pp), dan Taksaka (Gambir-Yogyakarta pp).
"Percepatan ini dapat diraih melalui peningkatan kemampuan prasarana sehingga kereta mampu melaju lebih cepat namun tetap mengutamakan keselamatan perjalanan," ujar Daniel.
Misalnya untuk rute Gambir-Yogyakarta pp perjalanannya kini lebih singkat menjadi hanya sekitar 6 jam saja dari sebelumnya sekitar 7 jam dengan menggunakan KA Argo Lawu dan Argo Dwipangga.
Percepatan juga terjadi di KA lainnya misalnya KA Argo Wilis rute Bandung- Surabaya Gubeng pp lebih cepat 48 menit, sehingga waktu tempuhnya menjadi 9 jam 55 menit.
Selain mempercepat waktu tempuh, KAI juga menghadirkan wifi gratis pada KA Argo Lawu, Argo Dwipangga, Argo Wilis dan Taksaka. 
"Dengan Wifi gratis, pelanggan tetap dapat beraktivitas seperti bekerja, mengakses konten hiburan, dan berkomunikasi selama dalam perjalanan," kata Daniel.
Saat berada di kereta, pelanggan dapat memilih SSID wifi dengan nama #Free Wi-Fi:MacroAd untuk dapat mengakses wifi gratis selama perjalanan.
“Kemudian  KAI meluncurkan layanan live cooking pada KA Argo Lawu, Argo Dwipangga, Taksaka, dan Argo Wilis. Setelah sebelumnya dihadirkan pada KA Argo Bromo Anggrek pada 1 Juni 2021” katanya.
Selain itu, Daop 5 Purwokerto dalam rangkaian HUT KAI kali ini juga menyelenggarakan beberapa kegiatan antara lain bagi-bagi souvenir kepada pelanggan sebagai bentuk apresiasi customer loyalty.
Sebagai  wujud kepedulian KAI kepada masyarakat yang terdampak pandemi covid-19 dengan membagikan Paket Sembako 76, vaksinasi gratis sejumlah 300 kepada masyarakat untuk meningkatkan herd imun, beberapa lomba di kalangan internal dan hiburan kolaborasi kepada calon penumpang di hall Stasiun Purwokerto oleh Kamandaka Band dan Group tek-tek Kepo Limo yang keseluruhan personelnya adalah pekerja KAI.
"Semua rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat sebagai wujud dukungan KAI dalam pencegahan penularan covid-19," pungkas Daniel

Penulis: Parsito Tommy

Editor: Andy Ismer

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX